oleh

Yance Diimbau Tidak Berpolitik

CIREBON – Terpidana kasus korupsi pembebasan lahan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) I di Sumuradem Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2004, Irianto Ms. Syafiudin alias Yance, menghirup udara bebas setelah mendapatkan bebas bersyarat.

Pelaksana Tugas Kepala Bapas Klas 1 Cirebon, Eris Rastiyah menjelaskan, Yance menjalani masa bebas bersyarat dengan kewajiban lapor satu kali dalam sebulan. Dalam sekali pertemuan itu, Yance mendapat bimbingan pemulihan mental.

”Melaksanakan bimbingan dengan kami, Alhamdulilah koperatif juga kalau beliau ke sini atau kita ke sana. Posisinya di Indramayu, sudah menjalani integrasi bebas bersyarat, sudah (di rumah),” kata Eris dilansir VIVA, kemarin (29/1).

Yance menjalani masa bebas bersyarat dengan tinggal di rumahnya di Indramayu sejak 28 Agustus 2018 sampai 30 April 2020. ”Tanggal 28 Agustus mulai dihadapkan ke kita ke Bapas, mulai bimbinganlah dengan kita. Tanggal itu menghadap ke sini selanjutnya berada di rumah dalam bimbingan kami,” ujarnya.

Eris menambahkan, progres bimbingan yang dijalankan menunjukan tren positif se­hingga Yance bisa kembali bersosialisasi di tengah ma­syarakat. Didampingi istriya Anna Sophanah, Yance men­jalani pemulihan mentalnya setelah menjalani masa hu­kuman di Rutan Indramayu.

”Kita dari Bapas mempu­nyai tugas mengawasi dan membimbing klien bebas ber­syarat satu bulan sekali bim­bingan. Kita bisa melihat per­kembangan mental fisik yang bersangkutan sejauh mana, kita lihat perkembangannya ada kemajuan,” urainya.

Untuk pemulihan Yance, pihak Bapas juga bekerjasama dengan keluarga terutama dengan penjamin yaitu istri Yance Anna Sophanah. Selain kondisi mental, Yance juga mengalami stroke. ”Beliau kemarin itu sakit struk ringan kalau enggak salah, dalam kondisi itu kita catat kita la­porkan. Yang jelas sakit, pulang dari sana stroke kaki,” ujarnya.

Eris Rastiyah mengimbau Yance yang merupakan poli­tikus Golkar itu untuk tidak aktif dalam agenda politik Pilpres maupun Pileg 2019 selama menjalani fase bebas bersyarat. ”Pak Yance dalam hal politik mungkin untuk sementara istirahat. Toh istri­nya (Anna Sophanah) juga mengundurkan diri,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.