Inginkan Kawasan Cimenyan Kembali Hijau

BANDUNG – Pengurus Pengurus Kecamatan (PK) KNPI bersama Organisasi Kepemudaan (OKP) Pemuda Pancasila Kecamatan Cimenyan, LSM PMPRI dan Satgas Citarum Harum mengelar acara kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman pohon secara bersama-sama di bantaran sungai Cidurian, Kampung Cibengang Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan.

Ketua PK KNPI Kecamatan Cimenyan Satria Almubarok mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap alam khususnya di wilayah Cimenyan agar kembali hijau.

’’Kami bersama pemudan dan OKP serta Dansektor melakukan kegiatan ini mengajak kepada generasi muda untuk peduli terhadap keberadaam lingkungan,”jelas Satria ketika ditemui di sela-sela acara kemarin. (27/1).

Dia menilai, selama ini kondisi wilayah Cimenyan adalah wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU) yang harus dijaga kelestariaannya. Sebab, daerah KBU merupakan kawasan resapan air.

Sementara itu, Ketua PAC Pemuda Pancasila Roy mengatakan, pada kegiatan ini Pemuda Pancasila mengerahkan seluruhb anggotanya untuk ikut berpartisipasi melakukan penanaman pohon.

’’Anggota yang terlibat dalam kegiatan ini 150 orang, belum lagi bantuan dari para aktivis di kecamatan Cimenyan,’’kata dia.

Roy mengatakan, pihaknya sudah menekankan kepada seluruh anggota PP agar selalu menjaga lingkungan dan ikut mengawasi KBU.

Selain itu, PAC PP Cimenyan juga merencanakan aksi lanjutan dengan kembali melakukan penanaman pada Februari dengan membidik lokasi penanaman di kawasan Caringi Tilu.

Roy menambahkan, untuk bibit pohon hari ini ditanam sekitar 1000 pohon terdiri dari pohon produktif  buah buahan, dan semua pohon ini didapatkan dari Satgas Citarum Harum.

’’Kebetulan pembibitannya berlokasi di dago resor desa Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan,”tutup Roy.

Sementara itu, Komandan Sektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. A. Rahman Taufik mengatakan, kerjasama dengan masyarakat khususnya para pemuda sangat diharapakan secara langsung. Sehingga, dengan bergerak bersama permasalahan akan cepat terselesaikan.

Dia mengatakan, target penanaman pohon kali ini akan ditanam sebanyak 1.900 pohon di kawasan Puncak Bintang. Sebab, saat ini di daerah tersebut terdapat lahan-lahan kritis yang hanya ditanami sayuran oleh penduduk setempat.

Rahman menambahkan, berdasarkan hasil pendataan di kawasan Cimenyan sebetulnya ada 300 titik mata air. Namun saat ini hanya tinggal 36 titik saja. Itupun kondisinya kebanyakan sudah mengering.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan