oleh

Kades Diminta Aktif Soal Pelayanan Adminduk

NGAMPRAH– Dinas Ke­pendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat, mengingatkan bagi seluruh kepala desa agar lebih aktif memfasilitasi warga dalam membantu pengurusan dokumen ke­pendudukan. Hal itu dila­kukan untuk mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut dokumen ke­pendudukan.

Kepala Disdukcapil KBB Wahyu Diguna menjelaskan, saat ini para aparatur desa harus memaksimalkan pe­layanan kepada masyarakat. Terutama yang menyangkut kepemilikan dokumen ini.

“Sehingga memudahkan masyarakat dalam mengu­rus dokumen kependudukan. Perlu adanya keterlibatan kepala desa untuk selalu mengingatkan warganya,” kata Wahyu di Ngamprah kemarin.

Wahyu mengungkapkan, untuk menjangkau warga di berbagai pelosok selama ini pihaknya pun meman­faatkan kendaraan keliling yang disebut “Si Darling”. Dengan kendaraan keliling diharapkan bisa memfasi­litasi hak warga dalam mem­peroleh dokumen kepen­dudukan.

“Pelayanan ke setiap dae­rah hingga ke pelosok dengan menggunakan mobil keliling ini kami terus maksimalkan. Tidak lupa juga, kami pun terus berkoordinasi dengan setiap pemerintah desa,” ujarnya.

Menurut Wahyu, pada ta­hun 2019 ada lima kecama­tan yang sudah memiliki alat perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk. Se­bab, dari total 16 Kecamatan, saat ini hanya lima kecama­tan sudah mendapatkan alat perekaman dan pencetakan.

Dia optimis setelah semua kecamatan mendapatkan alat perekaman dan pence­takan, pelayanan dokumen kependudukan bisa berjalan maksimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.