Tidak Ada Peningkatan Produksi Sampah

CIMAHI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mengklaim tidak ada peningkatan volume sampah yang signifikan setelah perayaan Tahun Baru 2019. Sebab, Cimahi adalah kota kecil. sehingga masyarakat yang merayakan pergantian tahun tidak terlalu banyak dan  lebih memilih ke daerah lain seperti Kota Bandung.

Atas hal tersebut, sampah di sejumlah tempat keramaian seperti Alun-alun Cimahi yang digunakan untuk perayaan Tahun Baru 2019 tidak menimbulkan peningkatan volume sampah yang signifikan.

Menurut Kepala UPT Kebersihan DLH Kota Cimahi, Usep Koswara, setiap perayaan tahun baru di Kota Cimahi memang tidak pernah ada peningkatan volume sampah, begitupun dengan perayaan tahun baru 2019.

“Setiap tahun baru peningkatannya biasa aja, persentasenya paling hanya naik sedikit atau tidak terlalu signifikan. Kecuali kalau setelah Idul Fitri baru ada peningkatan yang signifikan,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (1/1)

Namun pihaknya, belum bisa memastikan berapa persentase kenaikan volume sampah setelah perayaan tahun baru kali ini. Tetapi jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya volume sampah tetap normal.

“Biasanya pesentasi kenaikan volume sampah setelah tahun baru itu kecil, normal. Jadi petugas pun tidak pernah kerepotan untuk mengangkut sampah setelah perayaan tahun baru,” katanya.

Ia mengatakan, petugas kebersihan Kota Cimahi biasanya mengangkut 200 hingga 250 sampah perhari dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat.

Sementara, jumlah petugas yang ada di UPT persampahan, kata Usep, saat ini berjumlah 221 orang, sehingga untuk mengangkut sampah di 15 keluarhan di Kota Cimahi masih ideal.

“Sedangkan kendaraan operasionanya saat ini ada 35 kendaraan jadi untuk mengangkut sampah ke TPA setiap hari tidak ada kendala, begitupun setelah perayaan tahun baru,” kata Usep.

Untuk pelayanan sampah di Kota Cimahi, lanjutnya, hingga saat ini diklaim telah mencapai 87 persen yang meliputi pelayanan dan penanganan sampah.

“Alhamdulillah untuk pelayanan dan pengangkutan sampah hingga ke TPA tidak ada kendala apapun,” ucapnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan