Dorong Pemberdayaan Ekonomi bagi Kaum Perempuan

NGAMPRAH– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat terus mendorong pemberdayaan ekonomi bagi kaum perempuan melalui Bidang Industri Agro. Di antaranya memberikan pelatihan keterampilan membuat aneka kue.

“Seperti bidang kuliner memang menjadi incaran para pelaku usaha. Mereka dengan inovasinya yang keren, bisa sukses menjadi pengusaha, itu juga yang kami berikan bagi kaum perempuan untuk pemberdayaan ekonomi,” ujar Kepala Bidang Industri Agro pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat, Yoppie Indrawan di Ngamprah, kemarin.

Hal itulah yang menjadi latar belakang Bidang Industri Agro melakukan berbagai pelatihan keterampilan membuat aneka makanan atau minuman pada warga KBB. Seperti halnya, pernah dilakukan pada Tim Penggerak PKK Desa Kertamukti Kecamatan Cipatat, pertengahan Desember 2018 ini.

Sebanyak 40 peserta, ikut menjadi peserta pelatihan tersebut. Dikatakan Yoppie, para ibu-ibu PKK ini meski terbiasa memasak untuk keluarganya namun pengetahuannya masih terbatas jika memasak untuk dikomersilkan.

Pelatihan membuat aneka kue ini, tidak hanya sebatas untuk kepentingan keluarga mereka masing-masing. Namun diharapkan, ibu-ibu tersebut bisa mengembangkan keterampilan memasaknya untuk kepentingan usaha.

“Paling tidak, dengan memiliki keterampilan memasak itu mereka bisa mempunyai peluang untuk membuka usahanya. Karena saat ini, bidang kuliner boleh dikatakan sedang merajai dunia usaha,” ujarnya.

Terlebih dengan kondisi KBB, yang cukup potensial dengan bahan baku makanan. Melalui inovasi yang kuat, produk-produk makanan mereka bisa bersaing di pasaran. Dikatakannya, sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di KBB telah berhasil membuka usahanya dengan kreasi dan inovasi terbilang bagus.

“Mudah-mudahan saja dengan mengikuti acara pelatihan seperti itu, bisa menginspirasi mereka untuk membuka usaha baru di bidang olahan makanan kue. Jika sudah sukses tentu permintaan juga bakal banyak dan mampu meningkatkan roda perekonomian warga juga,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan