Persija Akhiri Puasa Gelar 17 Tahun

JAKARTA – Persija Jakarta memastikan gelar juara Liga 1 2018 setelah di laga pemun­gkas menaklukkan Mitra Kukar 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (9/12).

Dengan kemenangan ini, Persija berhasil mengoleksi 62 poin hasil dari 17 kali menang, delapan seri dan delapan kalah. Sementara PSM di posisi runner-up dengan 61 poin hasil 16 me­nang, sepuluh imbang, dan tujuh kalah.

Persija langsung tampil menyerang dan mengejar gol cepat. Mereka terus men­ekan pertahanan Mitra Ku­kar untuk bisa mengamankan poin penuh.

Terus memberikan tekanan, Persija akhirnya mendapat­kan keuntungan dari wasit Prasetyo Hadi. Sebuah se­rangan dari Persija, mem­buat pemain Mitra Kukar melanggar Marko Simic di dalam kotak penalti.

Pemain asal Kroasia itu mengambil sendiri hadiah penalti tersebut. Eksekusi pada menit ke-18 itu mem­buat skor berubah 1-0. Se­pakannya tak mampu diben­dung oleh kiper Mitra Kukar Yoo Jae -Hoon.

Setelah gol tersebut, Mitra Kukar memang langsung tampil menekan dan habis-habisan berusaha menyama­kan kedudukan. Tapi, kedu­dukan tak berubah dan skor ini bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persija kembali langsung menekan dan berusaha un­tuk mengambil keuntungan untuk menggandakan keung­gulan. Tak berselang lama, Marko Simic berhasil meng­gandakan keunggulan pada menit ke-59 lewat sundulan.

Namun, pemain Mitra Ku­kar sempat memprotes wa­sit karena sebelumnya, kiper Yoo Jae Hoon saat akan mengambil bola sempat di­dorong. Namun, pengadil laga tak bergeming dan tetap mengesahkan skor berubah menjadi 2-0.

Mitra Kukar sempat menda­patkan keuntungan saat mendapatkan penalti menit ke-71. Tapi, sepakan Fer­nando Rodrigues, bisa dite­pis oleh Andritany. Upaya Mitra Kukar menyamakan kedudukan sempat terjadi pada menit ke-87. Sebuah aksi dari Aldino, sepakannya mengenai pemain dan langs­ung mengarah ke gawang.

Skor pun berubah men­jadi 2-1. Mitra Kukar beru­saha menekan dan terus-terusan memberikan se­rangan untuk bisa menyama­kan kedudukan. Namun, sampai peluit panjang skor tak berubah dan Persija men­jadi juara setelah terakhir kali meraihnya 17 tahun yang lalu. (dkk/jpnn/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan