oleh

BOP PAUD Dinaikkan jadi Rp 4,4 T

NGAMPRAH– Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut­kan, Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pen­didikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun depan akan naik di­bandingkan tahun ini.

“Dari Rp 4,1 triliun men­jadi Rp 4,4 triliun,” ujar Mu­hadjir usai membuka Dialog Kebijakan PAUD sekaligus menjalin kesepakatan dengan Kementerian Desa PDTT di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (7/12).

Dia mengatakan peningka­tan bantuan itu agar PAUD di Indonesia lebih baik dan mu­tunya meningkat. Pendidikan pada dasarnya memiliki tiga dimensi. Dimensi pertama meliputi pendidikan informal, formal, dan non formal. Di­mensi kedua itu domain, meliputi afektif, kognitif, dan saikomotorik. Sementara yang ketiga adalah dimensi ling­kungan yang terdiri dari kelu­arga, sekolah, dan masyarakat.

Dalam pandangannya, ke­tiga dimensi itu saling beriri­san dan memiliki titik pen­ekanan informal yang seha­rusnya pendidikan anak se­cara dini dimulai dari kelu­arga, yakni dalam memberi­kan penanaman nilai-nilai positif sehingga ketika anak berinteraksi dan terjun ke lingkungan sudah memiliki fondasi ilmu yang baik. Se­hingga, apa yang anak lakukan tidak akan salah jalan karena karakter dasarnya yang baik-baik sudah terbentuk.

Muhadjir menuturkan bahwa sekolah itu memberikan peng­etahuan dan pengalaman dasar pada anak. Sedangkan nonformal domainnya terle­tak pada masyarakat yang memberikan pesan sifatnya saikomotorik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga