Gelar Lomba Menulis Sosok Rd Dewi Sartika

BAWET – Untuk lebih dike­nal oleh generasi milenial sosok Pahlawan Nasional Ra­den Dewi Sartika akan terus dikenalkan kepada masyarakat khususnya generasi milenial.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari menga­takan, Rd Dewi Sartika adalah tokoh perempuan dimasanya yang mencetuskan kesamaan hak kaum perempuan untuk mengenyam pendidikan.

Untuk itu, agar keberadaan­nya lebih dikenal makan pada Desember mendatang akan digelar berbagai kegia­tan untuk menyosialisasikan keberadaan Rd Dewi Sartika yang merupakan tokoh per­juangan dari Bandung.

’’Kita akan sampaikan ke­pada generasi muda bahwa perjuangan dewi sartikan untuk dunia pendidikan me­miliki arti penting bagi ma­syarakat ketika itu,”jelas Dewi ketika ditemui di balai kota belum lama ini.

Sementara itu, Anggota Yaya­san Awika (Ahli Waris Pahlawan Nasional Dewi Sartika), Iwan Kurniawan mengatakan, even yang akan dilakukan adalah berupa kegiatan Inspirasi Lintas Generasi dari Perjuangan Rd. Dewi Sartika bertujuan untuk mengajak masyarakat terutama para blogger dan fotografer seluruh Indonesia mengenal Rd. Dewi Sartika melalui ajang kom­petisi bergengsi.

Kompetisi tersebut diselen­ggarakan mulai tanggal 1-30 November 2018 dan pemenang akan diumumkan pada pun­cak peringatan hari lahir Dewi Sartika di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat pada 4 Desember mendatang.

”Insya Allah dengan kegiatan seperti ini, masyarakat semakin mengenal Rd. Dewi Sartika salah satu wanita tangguh se­bagai pencetus pendidikan di Kota Bandung,” katanya.

Adapun cara mengikuti kom­petisi tersebut, Blog Compe­tition Dewi Sartika mengusung tema ”Hidupku Memberikan Inspirasi” berisikan tulisan yang menceritakan peran, perjuangan, prestasi peserta sesuai dengan profesi yang dijalankannya.

Kata kunci ”terinsipirasi dari nilai-nilai perjuangan ini Rd Dewi Sartika” harus tercantum dalam artikel yang berisi 500-1500 kata. Para blogger wajib memuat tulisan di blog masing masing dan mengikuti akun fanpage Yayasan AWIKA Dewi Sartika atau akun Instagram @dewisartikaofficial.

Sementara untuk kompetisi foto, bertemakan ”Memorabi­lia Ibu Rd Dewi Sartika”. Pe­serta mengirimkan foto diri bersama dengan benda/re­plika peninggalan atau lokasi yang berkaitan dengan Rd Dewi Sartika. Misalnya, area Sekolah Dewi Sartika Jalan Kautamaan Isteri, makam para Boeparti Bandoeng, Jalan Karang Anyar dan taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan