RPJMD Sedang Dikaji

BANDUNG – Pelaksana Ha­rian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan, saat ini Pemerintah Kota Bandung tengah menyelaraskan sejum­lah program dengan visi misi Kota Bandung dalam 5 tahun ke depan.

Ema menuturkan, penyela­rasan program dilakukan untuk terwujudnya Kota Bandung unggul, nyaman, sejahtera dan agamis yang harus sesuai dengan peren­canaan.

Oleh karenanya, Ema ber­harap, setiap organisasi pe­rangkat daerah (OPD) mem­buat rencana dan menyusun programnya sesuai dengan visi-misi yang telah dicanang­kan. Termasuk tata cara peny­usunannya.

”Tata cara penyusunan pe­rencanaan pembangunan daerah, setiap tahapannya memiliki jangka waktu ter­tentu. Ini harus menjadi per­hatian setiap OPD,” kata Ema saat memberikan arahan pada RPJMD di Auditorium Balai Kota Bandung, kemarin (15/10).

Dia mengistruksikan agar seluruh ASN untuk tetap se­mangat dengan memberikan pelayanan terbaik untuk ma­syarakat. Bahkan, agar peren­canaan sesuai dengan pelaks­anaan sebaiknya program yang telah terususun cek kembali. Sehingga nanti tiba pada wak­tunya sudah siap.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Baplelitbang) Kota Bandung, Heri Antasari mengatakan, penyusunan RPJMD adalah amanat dari Peraturan Men­teri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengen­dalian dan Evaluasi Pembangu­nan Daerah.

”Kegiatan ini untuk me­nyamakan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peratu­ran perundang-undangan berkaitan dengan perenca­naan pembangunan nasio­nal dan daerah,” jelasnya.

Heri menambahkan, ter­dapat beberapa isu strate­gis Kota Bandung di antara stabilitas sosial, pemera­taan aksesibilitas dan mu­tu pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan. Selain itu juga peningkatan perekonomian, penanggu­langan kemiskinan, opti­malisasi infrastruktur, ling­kungan hidup berkualitas dan optimalisasi pengelo­laan persampahan.

”Dengan beberapa isu ini kita selaraskan dengan be­berapa program yang telah dan akan dibuat. Insya Al­lah berjalan lancar dengan kita kerja bersama,” kata dia. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan