Puskesos untuk Kemiskinan

SOREANG – Kementrian Sosial melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan So­sial (Ditjendayasos) menilai sebanyak 280 Puskesos cukup proaktif dalam menanggu­langi kemiskinan.

Dirjen Dayasos Drs. Pepen Nadzarudin mengatakan, kabu­paten Bandung pantas menda­patkan penghargaan. Sebab, Sistem Layanan Rujukan Ter­padu (SLRT) Sabilulungan men­jadi yang terbaik di Indonesia.

” Ini berkat keseriusan semua, mulai dari Bupatinya, kepala di­nas, manager SLRT, relawan so­sial sampai masyarakatnya pe­duli terhadap sosial,” jelas Pepen ketika ditemui kemarin. (13/11)

Dia mengatakan, kebera­daan SLRT dengan Puskesos­nya sudah berkembang dengan baik jika dibandingkan dengan Kabupaten / Kota lainnya. Sehingga, sangat wajar Kabu­paten Bandung mendapatkan penghargaan.

Pada kesempatan sama Se­kretasi Dayasos Bambang men­gatakan, SLRT Kabupaten Bandung merupakan terbaik. Sebab, pada pelaksanaannya seluruh lini memiliki poeran aktif menjangkau setiap daerah.

Kepala Dinas Sosial Kabupa­ten Bandung Nina Setiana mengatakan, diraihnya pre­stasi SLRT Kabupaten Bandung, dalam kurun waktu setahun adalah berkat kerja keras seluruh masyarakat dan Puskesos.

” ini berkat keseriusan Ma­nager SLRT dalam membina Puskesos. Dan telah terbentuk di 270 desa dan 10 kelurahan total 280 puskesos,” Ucap Nina.

’’Dari angka 7 persen turun menjadi 6,7 persen. Semua itu tercapai berkat peran serta masyarakat sebagai re­lawan sosial yang diwadahi oleh Puskesos,” kata dia.

Sementara itu, anggota DPR-RI Komisi 8 Ace Hasan Syadzily mengatakan, keberadaan Pus­kesos memberikan nilai posisi­tif dalam rangka membangun kesejahterakan masyarakat.

”Saya salut dan bangga ba­hwa Kabupaten Bandung berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 7 persen menjadi 6,7 persen

Itu berkat dukungan dan dorongan temen-temen Puskesos,’’kata dia.

Ace berjanji, sebagai anggota komisi 8 saya akan terus men­dukung dan memperhatikan kebutuhan sosial, dan akan terus mengawal untuk pengang­garanya, jangan hanya infra­struktur saja yang dipikirkan, tetapi sosial juga sangat penting.

Sementara, Manager SLRT Kab. Bandung Nia Nindhia­wati mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Sosial yang telah memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas Puskesos se- Kabupaten Bandung.

’’Semoga kedepan bisa fipa­silitasi untuk melaksanakan lagi,’’ kata Nia yang akrab disapa Mami.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan