Forum Mitra CSR Mulai Bangun Sekolah Rusak

KARAWANG-Beberapa perusahaan industri di Ka­bupaten Karawang, yang tergabung dalam Forum Mitra CSR (Corporete Social Responsibilty) telah sepa­kat menggulirkan dana un­tuk pembangunan sekolah SDN Kutanegara II di Desa Kutanegara Kecamatan Ci­ampel, yang belum lama ini sempat roboh.

Aksi para pelaku indus­tri ini merupakan respon atas inisiatif Bupati Kara­wang Cellica Nurrachadiana yang sempat merogoh kocek sendiri untuk memban­tu pembangunan sekolah roboh. Saat ini forum mitra CSR sudah mulai melakukan pengiriman material untuk pembangunan sekolah.

“Sebenarnya dana CSR itu sudah disepakati akan dikucurkan mulai tahun 2019 untuk sekolah-sekolah yang mengalami rusak berat ataupun ringan. Tapi tahun ini kan ada sekolah yang roboh jadi kita minta mereka mempercepat mengucurkan dana CSR, paling tidak un­tuk sekolah SD Kutanegara II yang sudah roboh. Mereka spontan membantu setelah bupati menyumbang dari uang pribadinya untuk me­nyumbang pembangunan sekolah roboh,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker­trans), Ahmad Suroto, Senin (12/11).

Menurut Suroto, perusa­haan industri yang berada di kawasan industri yang tergabung dalam forum mitra CSR sudah sepakat untuk memberikan ban­tuan. Hanya saja bantuan yang diberikan tidak beru­pa uang, namun material atau barang-barang yang dibutuhkan sekolah. “Saya sudah kordinasi dengan fo­rum mitra CSR dan mereka sudah siap mengirimkan material yang dibutuhkan. Selain material juga ada barang-barang lain yang menyangkut kegiatan be­lajar mengajar yang akan dikirimkan kesekolah terse­but,” katanya.

Suroto mengatakan ber­dasarkan estimasi sementara kebutuhan untuk pembangu­nan sekolah tersebut men­capai Rp130 juta. Seluruh biaya pembangunan akan ditanggung dari dana CSR. Sedangkan untuk perbaikan sekolah rusak mulai akan disalurkan tahun 2019, na­mun jumlah anggaran yang dibutuhkan masih dalam perhitungan. “Jadi anggaran CSR itu sebenarnya baru siap tahun 2019, tahun ini karena sudah darurat dan juga ada himbauan dari bupati jadi mereka akhirnya mau mem­bantu,” katanya.(aef/din)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan