Tiga Penghargaan Diraih Balap Kota Bandung

BANDUNG – Badan Layanan Pengadaan (Balap) Kota Bandung memborong tiga pen­ghargaan sekaligus pada Natio­nal Procurement Award 2018 saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa di Sabuga Center ITB, Selasa (30/10) lalu.

Kepala Balap Kota Bandung, Dharmawan mengungkapkan ketiga penghargaan tersebut yaitu UKPBJ (Unit Kerja Peng­adaan Barang dan Jasa) kri­teria sebagai pusat unggulan atau center of excellence (COE), penerapan sistem LPSE dengan 17 standarnya, serta terproaktif dalam peng­elolaan kelembagaan dan pengelolaan tata barang jasa.

“Alhamdulilah itu satu ke­jutan dan sekaligus motivasi di Balap. Karena pembentu­kan layanan pengadaan ini ternyata memperoleh apre­siasi dari pemerintah pusat,” kata Dharmawan mengung­kapkan pada Bandung Men­jawab di Taman Sejarah Kota Bandung, kemarin. (8/11).

Menurutnya, raihan ini mer­upakan komitemen pemerin­tah kota untuk tingkatkan layanan kepada masyarakat yang dilakukan Organisasi Pe­rangkat Daerah ( OPD) dalam pengadaan barang dan jasa.

Menurutnya, terbentuknya Balap sesuai Perpres nomor 16 tahun 2018, bahwa setiap daerah kabupaten kota itu harus bentuk unit kerja pengadaan barang dan jasa sebagai pusat unggulan.

Dharmawan mengungkapkan, Sejak 2017 Balap memperoleh pendampingan dari LKPP (Lem­baga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) dan Millennium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia).

“Kami sudah dapat kategori Champion. Walaupun lembaga­nya baru terbentuk, tetapi kami terus kembangkan sehingga semakin modern, efisien, efektif dan akuntabel,” ujar Dharmawan.

Kendati demikian, Dharma­wan memastikan Balap akan terus berinovasi. Rencananya, November ini akan melalukan diseminasi sekaligus ekspos “open contracting data stan­dard” untuk pengadaan yang sifatnya “non tendering”.

“Hanya Kota Bandung yang mendapatkan support system dari World Bank. Kita punya Bandung Integrated Resour­ces Management System (BIRMS). Ekspos itu bertu­juan untuk memperkenalkan konsep open contracting data standar dalam format the new BIRMS. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan