Jembatan Cukang Monteng Dapat Peringkat

IBUN – Pusat Penelitian Pembanguna Jalan dan Jembatan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melakukan penilaian peringkat jalan hijau (Green Road Rating) di seluruh Indonesia.

Pada 2018, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan Cukang Monteng “Kamojang Hill Bridge” di Kecamatan Ibun, dinobatkan sebagai jalan hijau Indonesia melalui penghargaan Green Road Rating Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung dari Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bandung Agus Nuria pada acara PUPR Conference di Hall B 3 JIExpo Kemayoran Jakarta, belum lama ini.

“Alhamdulillah Pemkab Bandung untuk pertama kalinya berhasil meraih penghargaan Green Road Rating, melalui Kamojang Hill Bridge sebagai Jalan Hijau Indonesia,” kata Agus.

Agus mengatakan, proyek pembangunan jalan baru maupun lama harus memenuhi kriteria keberlanjutan dilihat dari aspek lingkungan, akses dan transit (transportasi masyarakat), pelaksanaan konstruksi, material dan sumber daya alam yang digunakan dan juga teknologi perkerasan.

“Jalan hijau adalah jalan yang dirancang dan dilaksanakan dengan menerapkan prinsip keberlanjutan yang meliputi aspek perlindungan lingkungan, aspek pemenuhan kebutuhan dasar manusia, dan aspek ekonomis,”ungkap dia.

Menurutnya, terpilihnya jalan dan jembatan Cukang Monteng dinilai sudah memenuhi persyaratan, berupa dokumen Life Cycle Cost atau diwakili oleh Laporan Studi Kelayakan dan dokumen lingkungan seperti Amdal/UKL-UPL/Izin Lingkungan.

Dalam pembangunannya kata Agus Nuria, jalan tembus Kamojang tersebut merupakan akses penunjang Jalan strategis nasional Jabar Selatan dan jalan alternatif jalur mudik hari raya antara kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Selain itu, jalan ini juga disebut sebagai akses wisata geothermal dan pembangkit tenaga listrik panas bumi Kamojang.

“Pada tahap awal, dilakukan kegiatan pembangunan jembatan pelengkung rangka baja dan pembangunan jalan beton sepanjang 2,4 km. Ya ini memang pembangunan jalan baru, dengan maksud mengalihkan jalan yang semula terjal tanjakan dan turunan, sekarang lebih nyaman dan aman,” paparnya.

Sementara itu terpisah, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, mengapresiasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan Cukang Monteng menjadi jalan hijau Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan