58 Peserta CPNS Absen TKD

NGAMPRAH – Sebanyak 58 peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bandung Barat tidak hadir dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD). Hal ini sangat disayangkan mengingat peluang untuk dapat mengikuti tes adalah kesempatan berharga, terlebih ada ribuan pelamar yang harus gugur saat seleksi administrasi berkas.

“Ada 58 peserta yang tidak ikut TKD. Hingga sesi tiga pada Sabtu (3/11/2018) ini dari 2.513 peserta yang seharusnya mengikuti TKD yang hadir hanya 2.450 peserta,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB Agus Maolana, kemarin.

Agus mengatakan, berdasarkan data panitia tercatat ada sebanyak 4.220 peserta yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes formasi CPNS di KBB. Dirinya tidak mengetahui pasti alasan mereka absen dari tes tahap ini. Yang jelas, peserta tes CPNS kali ini karena serempak secara nasional maka pesertanya banyak juga dari luar KBB. Sehingga, ada kemungkinan mereka tidak bisa hadir akibat domisilinya jauh.

Menurutnya, dari 4.220 yang mendaftarkan diri untuk ditempatkan di wilayah KBB hanya 1.820 orang domisilinya asli dari KBB. Selebihnya berasal dari luar KBB, bahkan ada juga dari luar Pulau Jawa yakni Balikpapan, Simalungun, Solok, Belitung Timur, Tanjungbalai, dan daerah lainnya. Namun, peserta tes CPNS luar Pulau Jawa ini, jumlahnya sedikit dibanding daerah tetangga KBB.

Peserta dari Kota Bandung/Kabupaten Bandung sebanyak 821 orang, Cianjur 369, Kota Cimahi 360, Sukabumi 113, Subang 104, serta sejumlah kota/kabupaten lainnya se-Jabar. Kompetisi CPNS tersebut memang cukup ketat, yakni hanya 328 orang saja yang akan ditempatkan di KBB. Mengingat seleksi CPNS ini cukup ketat, dalam pelaksanaan tes benar-benar steril dan mendapat pengamanan pengawas yang cukup ketat.

“Hasilnya bisa diketahui langsung oleh peserta. Masyarakat pun dapat melihat langsung sejauh mana peserta bisa menyelesaikan materi tes, melalui layar monitor yang dipajang di luar,” bebernya.

Bagi peserta yang lolos TKD, kata Agus, bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Untuk kepastian pelaksanaan SKB ini, pihaknya belum mengetahui karena hal itu merupakan kewenangan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Yang pasti, bagi mereka yang lolos pasti akan ada pemberitahuan lebih lanjut dari panitia seleksi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan