KPK Telusuri Aliran Dana ke Pilkada Jabar

Namun begitu, berdasarkan pengalaman dalam kasus suap maupun korupsi yang ditangani KPK dan melibatkan kepala daerah, beberapa di antaranya diketahui mengalir untuk pembiayaan Pilkada. Bahkan, hal tersebut juga pernah terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat.

”Pernah ada juga beberapa kali di Jawa Barat alirannya untuk Pilkada. Apakah ada aliran kesana kita akan dalami dulu,” kata dia.

Sebelumnya pada wartawan, Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku siap memberi kesaksian terkait kasus Meikarta. Namun diaku dirinya hingga saat ini dirinya belum mendapat panggilan dari KPK.

”Ya bersedia tapi relevansinya apa dalam kasus ini. Saya gak tahu ini suapnya apa? IMB kah, alih fungsi lahan, perubahan tata ruang, atau apa?” Tanyanya..

Demiz memnag dikenal cukup keras dalam menyikapi rencana proyek perumahan besutan Lippo Grup itu. Pada akhir 2017, Pemprov Jabar hanya memberikan rekomendasi penggunaan lahan seluas 84,6 hektar kepada Pemkab Bekasi dari 700 hektar total lahan yang diajukan untuk pembangunan. Alasannya, dia khawatir proyek Meikarta berdampak pada kuantitas dan kualitas suplai air bersih.

Kemarin, KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap CEO Lippo Group, James Riady. James diperiksa sebagai saksi terkait dugaan skandal suap perizinan proyek Meikarta yang menjerat Bupati Bekasi periode 2017-2022, Neneng Hasanah.

James tiba di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, pukul 09.27 WIB. Setelah menjalani pemeriksaan selama sembilan jam, James mengaku diajukan 59 pertanyaan oleh penyidik KPK.

Ditemui seusai pemeriksaan, James menegaskan tidak terlibat dalam kasus tersebut. Dirinya bahkan mengaku tidak mengetahui bahwa ada suap di balik pemberian izin proyek pembangunan Meikarta.

”Bahwa saya pribadi tidak mengetahui dan tidak ada keterlibatan dengan kasus suap yang di Bekasi. Itu saja saya bisa berikan pernyataan dan selanjutnya silakan bertanya ke KPK,” ungkap James di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin (30/10).

Kendati demikian, dirinya mengakui sempat melakukan pertemuan dengan Neneng pada akhir 2017 lalu. Namun, pertemuan itu hanya sebatas kunjungan biasa lantaran kala itu Neneng dalam kondisi habis melahirkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan