Contohlah Perjuangan Pemuda Dulu

BANDUNG — Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dinilai Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana belum memberikan pengaruh signifikan. Sebab, sampai saat ini ternyata masih banyak pemuda yang terjerat dengan narkoba.

Menurutnya, dengan momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober seharus jadi refleksi bahwa peran pemuda dalam mendirikan memiliki andil sangat besar.

Rakyat Indonesia hari ini berutang budi pada pemuda yang telah mendeklarasikan persatuan Indonesia tahun 1928 lalu,”jelas Yana ketika ditemui usai upacara memperingati hari sumpah pemuda kemarin. (29/10).

Dia menilai, memaknai Hari Sumpah Pemuda ini sudah seharusnya para pemuda Kota Bandung mampu mengambil peran dalam pembangunan kota. Terlebih lagi, saat ini Indonesia sedang menghadapi pesta demokrasi untuk memilih presiden dan anggota legislatif.

“Menyikapi pesta demokrasi tahun depan, pemuda diharapkan mampu menciptakan Bandung aman, nyaman, dan kondusif,” ucap Yana.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung, Hendra Guntara mengatakan, ada empat nilai yang harus dimiliki oleh pemuda, yakni keahlian dalam bidang tertentu, kemampuan untuk mewujudkan visi, ketegasan dalam mengambil keputusan, serta jiwa kepemimpinan dan hubungan antar manusia.

“Selain itu, pemuda juga harus meningkatkan kreativitas, mewaspadai penyalahgunaan narkoba, mewaspadai kabar hoaks, bersatu menjalin persaudaraan, dan jangan cepat berpuas diri dengan apa yang telah dicapai,” kata Hendra.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Jawa Barat, Fista A. Sujaya bahwa, menjadi pemuda memiliki tugas dan tanggung jawab tidak mudah. Sebab, pemuda harus bisa menerima tongkat estafet pembangunan dari generasi sebelumnya. Namun, tak kalah penting, pemuda juga harus menjadi pilar pemersatu bangsa.

“Pemuda bisa menjadi ujung tombak perekat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Pemudalah yang mendeklarasikan persatuan, berbangsa satu, bertanah air satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan. Itu yang harus tanamkan dalam-dalam,” tutup dia. (yan)

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema “Bangu Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas pemikiran akan pentingnya melahirkan generasi muda yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan mampu berdaya saing berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan