21 Pegawai Kemenkeu Turut Jadi Korban

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berduka atas insiden yang menimpa Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkalpinang. Pesawat itu jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10).

Dalam penerbangan tersebut, terdapat 21 pegawai Kemenkeu yang turut menjadi korban. Sebanyak 14 orang adalah bagian dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP), terdiri atas 12 orang pegawai DJP dan dua lainnya adalah pasangan dari pegawai DJP yang merupakan pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan; 6 orang merupakan pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB); dan 3 orang merupakan pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Sri Mulyani sebagai orang nomor 1 di Kementerian itu, bahkan telah mengunjungi kantor Basarnas, Kemayoran dan Crisis Center di bandara internasional Soekarno Hatta untuk mencari update informasinya.

Sri menjelaskan bahwa 20 pegawainya yang menaiki Lion Air JT-610 merupakan karyawan beberapa instansi di Bangka Belitung di bawah Kemenkeu. Mereka ke Jakarta untuk menghadiri Hari Uang Nasional sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun Kemenkeu yang diperangati Sabtu (27/10) lalu.

”Hari Sabtu lalu Kemenkeu mengadakan peringatan hari keuangan ke-72. Jadi banyak dari staf kami yang datang walaupun dari luar kota,” ujar Sri sambil terisak sedih di kantor Basarnas Kemayoran, Jakarta Pusat, kemarin (29/10).

Selain itu, para pegawai Kemenkeu ini memang kebanyakan berdomisili Jakarta. Sehingga ketika akhir pekan tiba, mereka biasa pulang ke Ibukota untuk menengok keluarganya.

”Sabtu yang lalu mereka menggunakan kesempatan untuk menengok keluarga sekaligus menghadiri peringatan hari Uang ke-72,” imbuh Sri.

Lebih jauh Sri menjelaskan bahwa 20 pegawainya ini menumpang pesawat Lion Air JT-610 untuk kembali bertugas di Bangka Belitung. Mengingat hari Senin pelayanan publik pemerintahan buka kembali.

”Mereka memang sedang kembali ke tempat tugas masing-masing setelah menghadiri peringatan 72 tahun Kemenkeu di Jakarta. Ada juga yang menggunakan waktu berlibut  untuk menengok keluarga mereka,” pungkasnya.

Seluruh pegawai Kemenkeu tersebut bertugas di kantor vertikal Kemenkeu wilayah Pangkalpinang. Sebelumnya, para pegawai tersebut ada yang mengikuti rangkaian kegiatan Hari Oeang ke-72 pada 27 Oktober 2018 di Jakarta, ada yang mendapatkan panggilan tugas rapat koordinasi di Jakarta sekaligus memanfaatkan momen akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga yang ada di Jakarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan