Ajak Pemuda dengan Gowes

BANDUNG – Ribuan pese­peda dari berbagai kalangan usia meramaikan kegiatan sepeda santai yang bertajuk Gowes Nusantara. Kegiatan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Ke­menpora) sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diperingati se­tiap tanggal 29 November.

Tak hanya di Kota Bandung, kegiatan bersepeda tersebut juga diselenggarakan di 47 daerah lainnya di Indonesia. Di Kota Bandung sendiri, Go­wes Nusantara juga menjadi rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke-208 Kota Kembang beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bandung, Dodi Ridwansyah mengatakan, dengan adanya kegiatan Gowes Nusantara yang diselenggara­kan Kemenpora di berbagai daerah di Indonesia tersebut, dirinya berharap semakin mempersatukan anak bangsa. Terlebih, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda.

”Kita ingin mengajak bahwa secara simbolis Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke dengan segala perbedaan yang ada di dalamnya,” kata Dodi di Bandung, kemarin.

Dikatakan dia, setiap tahun Kota Bandung selalu men­jadi bagian kegiatan Gowes Nusantara yang diseleng­garakan Kemenpora. Setiap tahunnya, peserta uang ber­partisipasi pun dinilai terus mengalami peningkatan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, secara tegas Dodi pun mengingatkan dan mengimbangu seluruh ma­syarakat di Kota Bandung agar senantiasa menjaga persa­tuan serta kesatuan. Sehing­ga, kondusivitas bisa terbangun bukan hanya dalam cakupan lokal, tapi juga nasional.

”Mudah-mudahan saja dengan Gowes Nusantara ini, Indone­sia makin kondusif khususnya di Kota Bandung,” kata dia.

Sementara itu, Event Orga­nizer (EO) Gowes Nusantara Ali Akbar mengungkapkan, banyaknya kalangan masy­arakat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut lantaran pihaknya menggandeng ber­bagai komunitas dan kha­layak umum. Sehingga, ajakan yang dilakukan melalui jejaring media sosial dan komunitas menjaring banyak peserta.

”Yang tercatat di kami ada 3.000 orang dan itu mencapai target. Di lihat dari peserta yang hadir itu ada yang muda, tua dan bahkan anak-anak juga ada,” kata Ali.

Sebagai upaya untuk mena­rik minat masyarakat dalam mengikuti kegiatan tersebut, pihaknya juga memberikan door prize dan grand prize. Sebanyak 20 unit sepede dan berbagai peralatan elektronik, yakni mesin cuci, kulkas serta handphone diberikan pada peserta yang beruntung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan