oleh

2.335 Orang Nulis Sajak Sunda

BANDUNG – Sebanyak 2.335 guru Bahasa Sunda, pelajar dan mahasiswa se-Jawa Barat turut serta dalam lomba menulis sajak berbahasa Sunda di Halaman Depan Gedung Sate, Bandung, Sabtu (20/10). Kegiatan tersebut diselenggarakan Komunitas Sariksa Budaya Pribumi (SABUMI) dalam rangka menyambut Bulan Bahasa yang diperingati setiap 28 Oktober.

Jumlah ini memecahkan rekor MURI sebagai lomba penulisan puisi berbahasa Sunda dengan peserta terbanyak. MURI mencatat 1.629 peserta dari Guru Bahasa Sunda, pelajar dan Mahasiswa se Jabar dengan nomor rekor 8.694.

Rekoris Prof. Dr. H. Yus Rusyana (Pakar Bahasa dan Sastra Sunda), Uu Ruzhanul Ulum (Pembina Komunitas Pelestari Bahasa dan Sastra Sunda) dan Komunitas SABUMI.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menerima langsung penghargaan pemecahan rekor MURI ini.

Wagub Uu mengaku sangat menyambut baik penyelenggaraan acara ini. Menurutnya, acara ini dapat meningkatkan minat masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap penggunaan bahasa sunda. Dewasa ini, katanya, pemuda-pemuda Jabar tidak banyak yang menguasai bahkan tidak paham bahasa Sunda, karena sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia.

”Betul, tidak salah Bahasa Indonesia digunakan setiap hari, karena itu bahasa resmi, bahasa persatuan. Tetapi, cik atuh urang sunda mahulah ninggalkeun kana basa sorangan (Untuk orang Sunda, jangan sampai meninggalkan Bahasa sendiri, Red.),” kata Uu ditemui usai acara di Gedung Sate, Sabtu (20/10).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga