Proyek Masjid di Komplek Pemkot Cimahi Meleset dari Target

CIMAHI – Akibat lamanya proses lelang, target pembangunan Masjid di komplek perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah sampai saat ini belum tuntas. Padahal, Mesjid tersebut pernah ditarget rampung selesai awal tahun ini.

Kepala Dinas PUPR Ahmad Nuryana mengungkapkan, untuk lanjutan pembangunan masjid tersebut diperlukan anggaran sekitar Rp 2.757.446.866 yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

“Pembangunan tahap kedua sudah jalan dengan pagu anggaran sekitar Rp 3 miliar. Kita menargetkan akhir Desember selesai dan awal tahun sudah dapat digunakan,” ungkapnya, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, kemarin (9/10).

Selain pembangunan masjid, pihaknya juga sedang membangun area parkir. Dimana di area tersebut akan ada ruang terbuka, area duduk, area khusus merokok. Sehingga, penataan kawasan masjid akan dilakukan secara keseluruhan.

Dia menuturkan. Area lahan yang bakal dipakai area parkir berupa bekas persawahan, sehingga dibutuhkan upaya pengerasan lebih intensif. Untuk itu pihaknya sedang mengupayakan pengerasan lahan lebih optimal.

“Kita akan pasang sebagian dengan paving block tapi di beberapa titik baru pengerasan dulu. Kalau sekaligus khawatir ambles, sisanya tahun depan diselesaikan,” ucapnya.

Penyelesaian pembangunan masjid yang sempat tertunda karena gagal lelang itu, pada tahun 2017 atau pembangunan tahap pertama menghabiskan anggaran Rp 2,9 miliar. Sedangkan untuk pembuatan lahan parkir dengan anggaran Rp 900 juta, sehingga untuk pembangunan masjid tersebut pemerintah menghabiskan anggaran sekitar Rp 6 miliar lebih.

Pendirian mesjid, lanjutnya, dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan sarana ibadah yang cukup penting. Selain mengakomodir kebutuhan sarana ibadah para ASN, juga dibutuhkan oleh masyarakat.

Berdasarkan desain, Masjid Perkantoran Pemkot Cimahi itu akan memiliki tiga lantai. Pertama ada lantai dasar dengan luas 212 meter persegi. Lantai dua akan memiliki kapasitas untuk menampung 350 jemaah, dengan luas 400 meter persegi dan lantai ketiga luasnya 252 meter persegi, dengan kapasitas jemaah maksimal 225 orang. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan