Kota Bandung Bidik Bentuk 40 Kampung KB

BANDUNG – Minggu, 07 Oktober 2018 BKKBN kembali melakukan kegiatan sosialisasi dan pengembangan program KKBPK di kampung KB di depan Pos RW 09 Kelurahan Ciroyom Kecamatan Andir Kota Bandung. Kegiatan tersebut mendapat antusiasme luar biasa dari warga di kelurahan itu dengan peserta yang lebih banyak di hadiri oleh ibu-ibu.

Dalam kegiatan sosialisasi dan pengembangan program KKBPK di kampung KB acara kegiatan disi kampanye Keluarga berencana dengan pematerinya antara lain di sampaikan oleh Elma Triyulianti selaku kabid Adpin BKKBN provinsi Jawa Barat.

Dalam pemaparannya dia menyampaikan penjelasan tentang kriteria warga yang menjadi sasaran program kampung KB yakni pertama daerah yang padat penduduknya, kedua keikutsertaan dalam program keluarga berencananya rendah, ketiga tingkat kesejahteraanya juga masih kurang serta keempat akses terhadap KB, Kesehatan dan pendidikannya rendah.

“Kondisi ini harus di perbaiki dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada warga dan memberikan solusi yang tepat jitu dan komprehensif agar persoalan-persoalan yang berkaitan dengan keluarga berencana dapat di atasi dan di perbaiki terutama berkaitan dengan pengendalian pendududuk di jawa barat yang penduduknya sudah mencapai 48 juta Jawa barat menjadi provinsi dengan penduduk paling pertama terpadat di Indonesia,” ujar Elma.

Pemateri lainnya, dari dinas DPPKB Kota Bandung yang diwakili Rumintang. Pada kesempatan itu dia, menyatakan bahwa Kota Bandung berencana akan membentuk 40 kampung KB sebagai upaya untuk mensukseskan program Kampung Kb sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas hidup warga masyarakat di kota bandung khususnya.

Selanjutnya, Ir Ketut Sustiawan menegaskan bahwa program keluarga berencana ini bukan hanya sekedar tentang alat kontrasepsi. Program keluarga berencana ini adalah bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup warga,mengurangi kepadatan penduduk sehingga tujuan agara warga hidup sejahtera dengan hidup sehat dan cerddas dapat tercapai. “Program keluarga berencana tidak akan maksimal keberhasilan tanpa di dukung oleh partisipasi warga yang tinggi,” tegas Ir ketut Sustiawan

Dalam acara kegiatan sosialisasi dan pengembangan program KKBPK di kampung KB warga yang hadir menikmati hiburan organ tunggal dan kesenian daerah yang tampil dalam kegiatan sosialisasi .Warga juga tampak terhibur dengan penampilan Agus selaku ketua Rw 09 kelurahan Ciroyom yang menyumbang lagu, semakin menyemarakkan acara. Ditambah lagi dengan pembagian dorprize kepada warga yang hadir mengikuti acara. (iing)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan