Daihatsu Peduli Thalasemia 2018

SUMEDANG – Program Corporate Responsibility Social (CSR) PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation yang terdiri dari 4 pilar, yaitu Pintar Bersama Daihatsu, Sehat Bersama Daihatsu, Hijau Bersama Daihatsu, dan Sejahtera Bersama Daihatsu.

Salahsatu kegiatannya yakni Pilar Sehat Bersama Daihatsu dengan menggelar kegiatan ”Daihatsu Peduli Thalasemia 2018” Kegiatan ini merupakan program tahunan yang sudah dilaksanakan sejak Tahun 2011.

Apa itu Thalasemia? Thalasemia merupakan penyakit yang disebabkan tidak bisanya memproduksi Sel Darah Merah, Thalasemia bukan merupakan penyakit menular, namun dapat diturunkan.

Mengapa Daihatsu memilih program Daihatsu Peduli Thalasemia, disebabkan penyakit ini merupakan penyakit yang belum dapat disembuhkan, karena seumur hidupnya penyandang Thalasemia sangat bergantung kepada transfusi darah.

Penyakit Thalasemia ditemukan pertama kali di Eropa dengan Jumlah terbesar di Negara Cyprus yang hampir 90 persen warganya terkena penyakit Thalasemia, namun setelah 20 tahun dengan kerjasama dari semua pihak negaranya Thalasemia di Cyprus sekarang menjadi 0 persen. Berbeda dengan di Indonesia ternyata Indonesia sekarang ini penyebaran paling besar di Dunia khususnya di Provinsi Jawa  Barat, dan jumlahnya terus bertambah.

Mengapa banyak terjadi di Jawa Barat? Hal itu karena pada umumnya masyarakat Jawa Barat banyak melakukan pernikahan masih dalam kekerabatan/keluarga dekat.

Dikarenakan penyakit ini belum dapat disembuhkan sehingga salah satu pencegahannya adalah dengan memutus mata rantainya yaitu dengan upaya pemeriksaan sebelum pernikahan atau masa berpacaran dengan pemeriksaan Screening Thalasemia, agar dapat diketahui jika dalam hasil pemeriksaan ditemukan Gen pembawa sifat Thalasemi, diharapkan dalam memilih pasangan hidupnya tidak mempunyai Gen Thalasemi sehingga nanti keturunannya tidak akan terkena penyakit Thalasemia.

Tujuan kepedulian ini, adalah sebagai bentuk usaha partisipasi Memutus Mata Rantai Penyandang Thalasemia. Salah satu yang dilakukan dengan kegiatan Sosialisasi Apa itu Thalasemia? Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sumedang, 21 September 2018 lalu dan dihadiri 100 siswa SMK yang berusia di atas 17 Tahun, lalu adanya kegiatan Fun Day yang dilaksanakan pada Tanggal 23 September 2018 di Trans Studio Mini Transmart Buah batu Bandung untuk penyandang Thalasemia yang berjumlah 100 peserta dari Wilayah Sumedang, Majalengka, Jatiwangi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan