Polisi Tetapkan 8 Tersangka Pengeroyokan Suporter Persija

”Yang pasti adanya kejadian ini, kita intropeksi diri. Kita mulai lagi untuk lebih baik lagi. Yang pasti kita minta maaf atas kejadian kemarin,” kata Heru.

Dikatakan dia, kejadian tersebut dikarenakan kecintaan dan fanatisme yang berlebih. Sebab, kepolisian juga sudah berupaya serta bekerja keras dalam mengamankan kondisi di stadion. Namun, kejadian tersebut menjadi cambuk agar lebih meningkatkan lagi pengamanan.

”Kami tidak bermaksud begitu, kami tidak memerintahkan begitu, kami tidak ada upaya kesana, kami meneror dengan karya dalam sepak bola, ingin dengan karya aja,” kata dia.

Heru mengharapkan, kejadian tersebut tidak kembali terulang. Menurutnya, semua bobotoh berlaku positif dan menjadikan Viking sebagai kelompok yang memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat. Dirinya mengimbau agar tidak ada lagi perilaku negatif yang terjadi.

Sementara untuk para pelaku, Heru menyebut akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Namun, pihaknya tetap memberikan dukungan dan pendampingan. Sebab, pelaku tidak sepenuhnya bisa disalahkan karena tidak melakukan pengeroyokan secara terencana.

”Mereka datang kesana untuk mendukung Persib di sana kerumunan massa, banyak karakter, susah dikendalikan yang pasti kita akan mendampingi dan mengawasi,” kata dia.

Korban pengeroyokan oleh oknum suporter di area parkir Stadion GBLA, Bandung, kemarin (24/9) sudah dikebumikan di pemakaman kampung halamannya di Desa Kebulen RT03 RW 01 Blok Jembatan KA, Kecamatan Jatibarang, Indramayu.

Pemakaman korban dengan pengawalan ketat kepolisian dari Polres Indramayu. Tampak hadir pula puluhan sahabat dan kerabat Haringga. Proses pemakaman berlangsung lancar dan penuh khidmat.

Kepala Divisi Humas (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, meminta waktu agar dapat mengungkap kasus tersebut. ”Kami mohon waktu, kami masih menyelidiki motif (penganiayaan) tersebut dan mengungkap apa yang sebenarnya terjadi. Tapi faktanya, telah terjadi penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya seseorang,” kata Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, kemarin (24/9).

Sampai saat ini, jajaran Polresta Bandung sudah mengamankan 16 yang diduga ikut terlibat dalam aksi pengeroyokan tersebut. Dari jumlah yang berhasil diamankan, sebanyak delapan orang sudah ditetapkan menjadi tersangka.  ”(Jumlah pelaku) Bisa bertambah, bisa juga tidak,” ucap Setyo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan