Babinsa Tidak Boleh Gaptek

CIMENYAN – Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusnohadi menutup pendidikan pembentukan Bintara Khusus (Basus) Babinsa 2018 dengan melantik 466 siswa.

Upacara penutupan yang dilaksanakan di Dodik Secaba Rindam III/Siliwangi Bihbul ini, menghasilkan Babinsa yang bertugas di satuan-satuan Teritorial di Jajaran Kodam III/Siliwangi.

Indarto mengatakan, para Babinsa ini telah dibekali ilmu terotorial dan intelejen agar mereka memahami permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing dan dapat mengantisipasinya dengan benar.

’’ ilmu ini digunakan untuk ditekdi dini, cegah dini, dan penggalangan sarana terbatas dalam bentuk temu cepat lapor cepat,”jelas Indarto didampingi Dansecaba, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo ketika ditemui usai pelantikan kemarin. (12/9).

Dia menuturkan, para Babinsa dibekali pengetahuan teknologi informasi. Sehingga, Babinsa yang keberadaannya ditengah masyarakat harus memahami menggunakan gadget.

’’ Babinsa ini jangan sampai gaptek teknologi juga karena masyarakat sekarang sudah banyak maju, jadi mau tidak mau para Babinsa harus mampu memiliki pengetahuan IT,” cetus dia.

Dia menilai, dalam perkembangan informasi yang demikian cepat, Babinsa harus bisa mengimbangi dan mengetahui teknologi informasi tersebut seperti bagaimana membuat laporan cepat, berkomunikasi menggunakan teknologi atau yang lainnya.

Selain itu Babinsa harus bisa melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial dengan berbaur ditengah warga. Sebab, keberadaan Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD agar selalu menjadi pengayom masyarakat.

Pada pelantikan kali ini peraih prestasi terbaik diperoleh Serda Pujiono. Sedangkan Serda Usep Sukendar mendapat penghargaan atas keberhasilannya menangkap perampok dan teroris. Serda Asep mendapat prestasi karena ahli dalam pengobatan alternatif, Serda Jumadi dalam seni budaya pencak silat, dan Serda Anthonius ML sebagai atlet tinju.

Hadir pada acara penutupan dan pelantikan Basus Babinsa ini diantaranya Aspers dan Aster Kasdam III/Siliwangi, Wadan Rindam, Para Kabag, Dandim 0609/Kab. Ketua Persit KCK Cabang 10 Rindam III/Siliwangi dan keluarga besar mantan siswa Basus Babinsa TNI AD Tahun 2018. (yul/yan)

Tinggalkan Balasan