Gali Potensi Warga Cidadap dengan Pelayanan

BANDUNG – Memiliki letak strategis Kecamatan Cidadap Dalam memberikan pelayanan kepada warganya selalu mengedepankan kecepatan, ketepatan dan keramahan. Hal ini dilakukan mengingat wilayah Cidadap merupakan kawasan bisnis yang berada di Kota Bandung bagian utara.

Camat Cidadap Yasa Hanafiah mengatakan, wilayah yang dipimpinnya memiliki kondisi strategis sebagai pusat bisnis dan pusat pendidikan. Sehingga dalam memberikan pelayanan haruslah lebih mengutamakan kepastian dan kecepatan.

Menurutnya, Cidadap memiliki potensi perdagangan dan jasa. Seperti banyaknya hotel-hotel berbintang. Sehingga, keberdaan penginapan ini telah dimanfaatkan oleh warga Cidadap dengan bersinergi menjadi pemasok kerajinan sandal hotel sekali pakai.

’’Kerjasama dengan warga ini sengaja dibuka, dengan harapan warga sekitar hotel dapat menerima manfaat berkelanjutan disamping penerimaan tenaga kerja,”jelas Yasa ketika ditemui di ruang kerjanya.

Sadar memiliki potensi besar dalam bidang bisnis, Kecamatan Cidadap terus berupaya membangun karakter warga agar memiliki jiwa wirausaha dengan basis kelompok. Sehingga, pada akhirnya nanti dapat menambah peningkatan ekonomi keluarga.

Yasa memaparkan, tugas pokok dan fungsi kecamatan cidadap tentunya bukan memberikan pelayanan saja. Akan tetapi, mengetahui indeks kepuasan warga Cidadap rutin dilakukan setiap bulannya.

Yasa memaparkan, salah satu bentuk inovasi andalan yang sudah sejak lama dilakukan Kecamatan Cidadap adalah program extra time untuk para karyawan.

Dia memaparkan, program ini sengaja dibuat untuk memberikan pelayanan kepada warga Cidadap yang berstatus karyawan. Sebab, jika profesinya karyawan atau seorang pekerja maka untuk mendapatkan pelayanan di pagi hari sangat tidak memungkinkan.

’’Nah Kecamata Cidadap ini secara khusus bisa menerima layanan untuk warga di malam hari setiap hari Rabu, ini yang disebut program Ekstra Time dan ini juga bisa dimanfaatkan siswa kalangan pelajar yang sudah berumur 17 tahun untuk memiliki e-KTP,”tutur Yasa.

Selain itu, Inovasi layanan lainnya Kecamatan Cidadap melakukan efisiensi pelayanan di Kantor Kecamatan dan menggantinya dengan mendatangi rumah warga yang membutuhkan pelayanan cukup dengan SMS atau bisa melalui WhatsApp.

“Contoh singkatnya, ada yang membuat Kartu Keluarga kami kami menurunkan tim ke lapangan untuk menjemput berkasnya dan memeriksa kelengkapannya, dan ini pelayanan diberikan gratis,” pungkas Yasa yang pernah dinobatkan sebagai 10 Camat terbaik di Kota Bandung ini. (job/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan