Kampung KB, Wahana Pemberdayaan Masyarakat

BANDUNG – Kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Kampung KB berlangsung di dua tempat yang berbeda. Untuk sosialisasi diadakan di depan kantor Desa Gunung Leutik Kecamatan Ciparay, kegiatan tersebut  dihadiri 300 peserta. Di awal acara Event Organizer (EO) yang menampilkan musik kasundaan untuk menyambut para peserta yang hadir.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri perwakilan dari BKKBN Jawa Barat, Perwakilan dari DKBPPPA (DINAS KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK) Kabupaten Bandung, OPD KB, Kader-kader KB Desa Gunung Leutik dan Perwakilan Kecamatan Ciparay. Hadir juga Anggota Komisi IX DPR RI Dede Yusuf turut hadir sebagai mitra BKKBN.

Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Pintatuli mengatakan program kampung KB merupakan perwujudan nyata sebagai sikap pemerintah dalam upaya mewujudkan program nasional nawa cita pada prioritas ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggrian.

“Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” kata Pintatuli.

Sebut dia, hal itu dimaksudkan, untuk memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga segenap lapisan masyarakat dan pemerintah diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan keluarga.

“Setiap kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui keluarga kecil berkualitas,” kata Pintatuli.

Di akhir acara, Event Organizer (EO) dari kegiatan ini membagikan dorprize berupa sepeda, televisi, smartphone, penanak nasi, jam dinding, kompor gas yang membuat acara semakin meriah. (mg3/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan