oleh

Ajukan 500 Kuota CPNS

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengajukan sebanyak 500 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam penerimaan CPNS 2018. Penerimaan CPNS Pemprov Jabar sendiri terfokus kepada Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang teknis.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa menuturkan, informasi lowongan CPNS akan mulai dibuka bulan Agustus 2018. Namun, untuk proses perekrutan bergantung persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

”Sekarang tinggal menunggu dari Kementerian PAN-RB untuk pelaksanaan seleksi,” kata Iwa di Bandung, kemarin (23/8).

Jika mengacu pada angka pensiun yang setiap tahun bisa mencapai ribuan orang, Iwa menilai kebutuhan pegawai tidak akan tercukupi hanya dengan tambahan 500 orang. Namun, rupanya Kementerian hanya menyetujui jumlah tersebut.

Iwa mengatakan, minimnya penerimaann CPNS tersebut dinilai wajar karena untuk mengurangi beban anggaran belanja pegawai. Selain itu, peningkatan kualitas para ASN Pemprov Jabar juga menjadi alasan sedikitnya jumlah kuota penerimaan CPNS.

”Tiap tahun ASN yang pensiun jumlahnya 2.000 sampai 3000 orang, termasuk guru, tapi proses penerimaan lebih kecil. Jadi bukan zero grow lagi, tapi berkurang,” kata dia.

Besarnya jumlah pensiunan tersebut, lanjut Iwa menjadi alasan penerimaan CPNS yang paling banyak dibuka Pemrov Jabar adalah pegawai di bidang yang lebih teknis. Menurutnya, pegawai yang paling banyak dibutuhkan adalah tenaga kependidikan, khususnya SLTA.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga