Ajak Warga Doakan Korban Gempa

SUMEDANG – Penjabat Bu­pati Sumedang Ir. H. Sumar­wan Hadisoemarto mengajak seluruh warga untuk mendo­akan korban gempabumi di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu disampaikan Sumarwan saat memberikan sambutan sesaat sebelum pelaksanaan shalat Idul Adha 1439 H di Mesjid Agung Su­medang, kemarin (22/8).

”Saat ini saudara-saudara kita di belahan Indonesia ba­gian Timur yaitu di lombok Nusa Tenggara Barat sedang ditimpa musibah. Disana Allah sedang menguji saudara-sau­dara kita dengan musibah gempa bumi yang menimbul­kan korban jiwa dengan jumlah kurang lebih 400 orang. Untuk itu, mari kita doakan semoga bencana ini segera berakhir dan keadaan disana pulih kem­bali” ungkap Sumarwan.

Dia juga mengajak seluruh jamaah shalat ied untuk men­doakan para jamaah haji asal sumedang yang sedang menu­naikan ibadah haji di tanah suci. Ia berharap para jama’ah haji asal Sumedang dapat menjadi haji yang mabrur dan kembali dengan selamat ke tanah air.

Lanjut Dikatakan Sumarwan, dirinya berpesan, Peristiwa Idul Qurban yang terjadi Pada Nabi Ibrohim A.S. dan Puteranya Nabi Ismail A.S. Hendaknya dijadikan pelaja­ran dan hikmah berharga untuk menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, pera­daban, kemanusiaan, kekelu­argaan dan persaudaraan.

”Idul Adha merupakan mo­men yang pada prinsipnya merupakan pelajaran tentang keikhlasan dan ketulusan dalam mengorbankan suatu hal. Mari kita sikapi bersama-sama tentang arti pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS di Idul Adha 1439 H ini, sebagai momentum untuk menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, peradaban, kema­nusiaan, kekeluargaan dan persaudaraan dalam mewu­judkan Sumedang yang sejah­tera lahir dan batin.” ujarnya.

Dalam Pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini, bertindak selaku imam adalah Ustad Muhammad Mumtaz Nur Faqih, SQ Sedangkan yang bertindak sebagai khatib ya­kni K.H. Drs. R. Cecep Farhan Mubarok, MH dengan khotbah yang mengambil tema “Ke­pemimpinan”.

Sementara itu, jumlah hewan kurban yang dititipkan ke Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Su­medang mengalami penuru­nan. Dikatakan Sekretaris Umum DKM Masjid Agung Sumedang, Endang Hasanud­din jika tahun lalu jumlah yang menitipkan sebanyak 21 ekor untuk tahun ini hanya 16 ekor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan