Kembangkan Peminjaman Buku Via Online

CIMAHI – Seiring dengan perkembangan teknologi, minat baca dikalangan pelajar diperkirakan mengalami penurunan. Sebab, kebanyakan dari mereka lebih memilih gadget dibandingkan membaca buku.

Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Warman Suryaman mengatakan, untuk menggiatkan kembali literasi merupakan tantangan berat.

“Gadget yang semakin canggih, jadi untuk menumbuhkan minat baca perlu inovasi untuk mengimbangi perkembangan teknologi,” jelas Warma ketika ditemui kemarin. (13/8).

Dia mengungkapkan, untuk mengembalikan minat baca masyarakat yang sesuai dengan perkembangan zaman maka, pihaknya dalam waktu dekat akan meluncurkan program peminjaman buku via online. Peminjaman buku ini dinamakan Elektronik Book (E-Book) merupakan program yang digarap Diskominfoarpus sejak satu tahun terakhir.

’’Mudah-mudahan minggu kedua (Agustus) bisa bisa ready, dipakai pembaca,” ungkapnya.

Menurutnya, pemijaman buku secara online merupakan salah satu upaya agar minat membaca buku masyarakat menjadi meningkat kembali. Bahkan, untuk pemenuhan buku dalam aplikasinya, pihaknya menggandeng Gramedia.

“Tercatat, ada sekitar 1.500 judul buku yang bisa diminati pembaca. Bukunya komplit. Fiksi, non fiksi juga ada. Buku ilimiah, siswa SD, SMP,” ujarnya.

Warman menjelaskan, dengan E-Book ini, pembaca bisa memanfaatkan gadgetnya masing-masing untuk membaca buku. Hanya bermodalkan kartu anggota Perpustakaan Daerah Kota Cimahi, pembaca akan diberikan password. E-Book akan tersedia dalam laman berbagai laman internet.

“Nanti si pemakai tidak perlu ke perpustakaan. Cuma buka dengan password langsung apa yang dibutuhkan ada, tinggal nyari,” pungkasnya. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan