Jalur Licin, Berpasir dan Banyak yang Jadi Korban

Menaklukan puncak Gunung Rinjani bukan perkara mudah, meski sudah menjadi petualang sejati. Sebab, selain memiliki track yang menyeramkan, ketinggian puncak gunung juga menjadi yang tertinggi di Indonesia. Hal itu yang membuat pendaki asal Bekasi ini akhirnya menyewa dua orang porter untuk mengangkat barang. Seperti apa ceritanya?

Deny Iskandar, Bekasi

JUNI 2018 lalu, menjadi saksi sejarang sejumlah pecinta alam dari Kota Bekasi mampu menaklukan gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 Mdpl. Dari perjalanan yang memakan satu hari dari kaki gunung membuat banyak cerita. Lelah, haus dan kesunyian menyelimuti para pecinta traveling tersebut.

Kurnia Dwi Hapsari bersama rekannyaa Alexander, Hariilo, dan Badru mampu menaklukan gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tengara Barat itu. Mereka akhirnya mampu menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung.

Namun, kesuksesan mereka mencapai puncak pendakian, tentu banyak pengalaman yang mereka tak bisa lupakan. Track yang jeram, suhu yang dingin, sampai jauhnya lintasan jarak tempuh antara kaki gunung sampai ke camp perkemahan.

”Sampai di kaki gunung biasanya kita istirahat namanya dikenal Sambalun. Di situ kita bisa istirahat dulu,” kata Alexander, 34, pendaki asal Bekasi.

Pria yang akrab disapa Alex menceritakan, setelah ingin berangkat melakukan pendakian, dirinya sudah menyewa dua orang porter atau pembantu mengangkut barang. Biayanya satu orang porter Rp 250 ribu untuk tiga hari. “Tugas mereka memikul bawaan kita serta membantu membuat makanan selama pendakian,” ujarnya.

Dia menambahkan, sesampai di Sembalun dia harus menempuh perjalanan ke pos 1. Waktu yang dibutuhkan mencapai 3 jam. Dari pos 1, perjalanan kembali lanjut menuju pos 2 yang membutuhkan waktu 2 jam. Dan sampai ke pos 3, dia membutuhkan waktu selama 1 jam dari pos sebelumnya. “Patokan kita adalah keberadaan pos,” ujarnya.

Setelah melalui pos peristirahatan, kata Alek, dirinya terus menanjak bersama rekan-rekannya. Sebab, dari situ dia harus bertemu sejumlah medan ekstrem untuk bisa sampai ke pos selanjutnya yang biasa dikenal pos bayangan. Sebab, dari pos 3 untuk bisa sampai ke pos bayangan membutuhkan waktu 5 jam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan