oleh

Dua KK Transmigran Berangkat September

SUKABUMI – Dua kepala ke­luarga (KK) peserta transmigrasi asal Kota Sukabumi dipastikan diberangkatkan ke Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat pada tahun ini. Saat ini mere­ka masih dalam masa pelatihan.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi, Iyan Damayanti menga­takan, pemberangkatan dijadwal­kan pada September mendatang. “ Insya Allah, September dua KK asal Kota Sukabumi diberangkatkan ke daerah tujuan transmigrasi bersa­ma transmigran dari daerah lain di Jawa Barat,” katanya pada kegiatan Job Fair di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, kemarin (17/7).

Dijelasakan Iyan, Kota Sukabumi hanya mendapat kuota dua KK dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tahun ini Pemprov Jawa Barat hanya mendapat kuota 50 KK dari pemerintah pusat. Kuota sebanyak itu dibagi untuk seluruh wilayah Kota dan Kabupaten se Jawa Barat. ” Tahun ini Kota Su­kabumi dapat jatah dua KK, satu KK diantaranya membawa Istri dan dua orang anak, KK yang satunya membawa istri dan tiga orang anak, “ujar dia.

Sebelum berangkat, mereka dilatih keterampilan selama tiga minggu. Pelatihan dilaksanakan di Kota Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat. Selain kepala keluarga, para istri juga diharapkan bisa membantu para suami untuk menambah penghasilan. Seperti membuka usaha dibidang kecan­tikan, menjahit dan usaha rumah tangga lainnya. “Jadi para istri juga harus bisa membangu sua­minya. Makanya dilakukan juga pembinaan untuk isteri, misalnya pelatihan menjahit,” kata Iyan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Alkhamdulilllah sampai dengam saat ini , kami calon transmigran dari kota bogor , siap stanby menunggu info terkait pemberangktannya dari kementrian pusat .. dan kami berharap secepatnya di berngkatkan tahun ini 2019 .. kami pioner pioner pejuang cakon transmiran dari kota bogor sudah siap tempur dan bekerja dan masa sejahtera masa depan yang jaya

Baca Juga