oleh

Dua KK Transmigran Berangkat September

Berdasarkan survei yang dilaku­kan Disnakertran Kota Sukabumi, Kabupaten Mamuju Tengah memi­liki iklim dan kontur yang hampir sama dengan Kota Sukabumi. Sehingga, para transmigran ini bisa nyaman berada di daerah tersebut. Transmigran ini diarah­kan ke sektor pertanian. Sebab, Mamuju Tengah lebih didominasi perkebunan sawit. Sedangkan untuk pertanian palawija dan sayuran masih sedikit. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan sayur didatangkan dari luar daerah. ” Makanya transmigran ini akan diarahkan ke sektor pertanian. Sehingga di Mamuju ada produk produk hasil pertanian, selain sawit,”ungkapnya.

Ditambahkan Iyan, dilokasi tu­juan, para transmigran disiapkan lahan seluas 2 hektare dan rumah serta peralatan pertanian. Mereka juga mendapat bantuan untuk me­menuhi kebutuhan hidup selama setahun. “Perumahan disiapkan satu komplek ,”ujarnya.

Dia berharap, kuota untuk Kota Sukabumi bisa ditambah pada tahun berikutnya. Hal ini untuk menambah peluang bagi warga Kota Sukabumik yang ingin meru­bah nasib di daerah transmigrasi. “ Peminat cukup banyak, sedang­kan jatah hanya dua KK. Apalagi, tahun depan ada informasi lokasi tujuan transmigrasi di daerah Sumatera,”pungkasnya. (ovi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Alkhamdulilllah sampai dengam saat ini , kami calon transmigran dari kota bogor , siap stanby menunggu info terkait pemberangktannya dari kementrian pusat .. dan kami berharap secepatnya di berngkatkan tahun ini 2019 .. kami pioner pioner pejuang cakon transmiran dari kota bogor sudah siap tempur dan bekerja dan masa sejahtera masa depan yang jaya

Baca Juga