oleh

Api Asian Games Diarak Keliling 53 Kota

BANDUNG – Api Obor Asian Games 2018 telah tiba di Jogjakarta, Selasa (17/7). Api dari New Delhi, India itu dibawa menggunakan pesawat Boeing 737. Api diserahkan mantan pebulutangkis nasional Susy Susanty selaku Torch Ambasador kepada Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Ketua Inasgoc Erick Thohir mengatakan, pengambilan api abadi dari Mrapen akan dilakukan hari ini (18/7). Kemudian disatukan dengan api abadi dari India di Kompleks Candi Prambanan, Sleman. ”Jogja menjadi yang pertama, kota yang bersejarah tentunya. Selanjutnya akan diarak 53 kota di seluruh Indonesia,” kata Erick di Museum Dirgantara, Jogjakarta.

Pengambilan api abadi di New Delhi, India, karena merupakan negara pertama yang menggelar Asian Games. Sekaligus agar hubungan kenegaraan dengan Indonesia semakin baik. Even juga tak sekedar hanya kejuaraan olahraga saja. Namun sekaligus sebagai tempat untuk ajang promosi pariwisata, kuliner, maupun lagu Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjelaskan, arak-arakan api obor Asian Games akan menempuh jarak sekitar 18 ribu kilometer. Setelah dari Jogja, akan dibawa ke Solo. Kemudian memakai pesawat Boeing 737 terbang menuju ke Malang. Lalu ke Denpasar, Lombok, dan Sorong.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga