Pertamina PTC Edukasi Autisme

BANDUNG – Sebagai bentuk kepedulian terhadap penyandang autis, Pertamina Training & Consulting (PTC) memberikan edukasi dan kesadaran terhadap masyarakat dalam workshop “Autism Therapy & Education for Building Autism Awareness” di Hotel Aston, Pasteur, Bandung, Sabtu (14/7).

Kegiatan yang diadakan ketiga kalinya sejak tahun 2017 ini diikuti sekitar 100 peserta. Hadir sebagai narasumber Founder Aliansi Praktisi APPAI Yayasan Jatis Hurip dr Gemah Nuripah sp.KJ, M.Kes dan Ketua Art Therapy Center Widyatama DR Anne Nur S.Sn, M.Sn.

Direktur Keuangan PTC Iswina Dwi Y menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi PTC untuk penyandang autis di Indonesia. ”Ini merupakan suatu langkah kecil yang akan memberikan dampak yang besar dan perkembangan yang baik bagi penyandang autis di Indonesia,” ujar Iswina.

Dia menargetkan, edukasi ini dapat menggugah para pemerhati, yayasan dan komunitas sehingga dapat memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa penyandang autis memiliki banyak potensi dan bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Senada dipaparkan Ketua Art Therapy Center DR. Anne Nur. ”Banyak potensi yang dapat digali dari seorang penyandang autis, baik yang bersifat audio, visual, maupun motorik,” ujar Anne.

Menurutnya, jika ini dikembangkan, ke depannya diharapkan penyandang autis dapat hidup mandiri dengan cara mengidentifikasi bakat dan minat yang dimilikinya.

Anne menambahkan, roadmap penanganan dan perkembangan autisme juga sangat penting. “Roadmap ini akan menjadi acuan bagi para terapis, keluarga, bahkan masyarakat agar bisa mendukung kemandirian penyandang autis lebih baik dari sekarang,” tegas Anne.

Salah satu peserta dari Klinik Best Dream Chandra mengakui workshop ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan mengenai autisme.

“Pengetahuan saya tentang bagaimana menangani penyandang autis jadi bertambah. Apa yang saya dapat sekarang bisa diterapkan di tempat saya bekerja,” tukas Chandra. (and)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan