Industri Persenjataan Terletak di Tempat Terpencil

Nah kemampuan tempur Tu-2 sudah terlihat saat berlangsungnya perang dunia kedua. Bung Karno juga waktu itu sempat mengancam Belanda akan di bom kalau tidak angkat kaki dari Irian Barat,” ujar dia.

Atas kemajuan ini, berbagai upaya Negara Barat untuk mencuri teknologi Rusia pernah dilakukan waktu zaman perang dunia ke 2, tetapi setelah mengetahuinya banyak para insinyur Rusia menjadi terbelalak setelah mengetahui isi sirkuit dalamnya pesawat jenis MIG 25 Fox BAT menggunakan Tabung Radio.

Rusia ternyata sangat pintar dalam menerapkan teknologi. Karena dengan menggunakan dioda tekanan biometrik tidak bisa di recovery dengan cepat sehingga Rusia mengunakan transistor dioda dengan menggunakan radio tabung yang berbentuk seperti bohlam lampu

”Ini merupakan teknologi zaman kuno, dan para ahli mengatakan dengan sebutan kekonyolan dahsyat,” cetus Heri.

Melihat kondisi ini dapat pelajaran bahwa bangsa Rusia di bidang dirgantara ternyata dalam menerapkan teknologi tidak harus dengan menggunakan komponen terbaru dan canggih. Namun, efisien dan tepatguna adalah kuncinya.

”Kasar iya, jadi mereka bilang kalau buat perang ngapain harus bagus-bagus toh ahirnya dihancurkan juga,” lanjutnya.

Dijadikannya Rusia sebagai lokasi perhelatan Piala Dunia. Memberikan dampak perubahan besar bagi negara yang dulunya dikenal tertutup itu. Sekarang Rusia lebih open mind dengan mengedepankan dominasi global menggunkan pendekatan-pendekatan persuasif.

”Dan ini bisa jadi adanya World Cup bagi rusia adalah peluang bagi industri senjata Russia memperkenalkan produksi persenjataannya ke berbagai negara,” tuturnya.

Bicara pesawat tempur Sukhoi bersama orang Rusia seperti tidak akan ada habisnya. Kelebihan quick respon dengan kecepatan 2,6 Mach atau 3 kali kecepatan suara. Secara Aero dinamis speed, Sukhoi jenis pesawat tempur di atas F 16, Tomcat, Hornet secara aero dinamis speed.

Sukhoi memiliki kelebihan presisi dalam menembak target. Pesenjataan Sukhoi bisa menembak target dengan radius sangat jauh dan memiliki daya destruktifnya sangat besar.

Kendati begitu, pesawat Sukhoi terkenal dengan badan besar bila dibanding dengan jenis pesawat tempur sejenisnya. Hal ini, disebabkan penggunaan material untuk industri alutsista bagi Rusia tidak pernah dipermasalahkan. Apalagi Rusia terkenal dengan negara penghasil tambang dan mineral terbesar di dunia.

Tinggalkan Balasan