Kompetisi Seni UOB Kembali Digelar

BANDUNG – United Overseas Bank (UOB) kembali mengelar kompetisi seni yang bertajuk UOB Painting of the Year 2018.

UOB Painting of the Year 2018 merupakan bentuk kepedulian terhadap perkembangan seni rupa melalui kompetisi. Kompetisi tahunan ini turut diselenggarakan di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Coorporte Communications Head UOB Indonesia, Maya Rizano menuturkan tujuan diselenggarakannya Kompetisi UOB Painting of the Year adalah memberikam wadah berkarya yang positif dan berkelanjutan

Serta memberikan kesempatan bagi para seniman di Indonesia untuk memperdalam bakat dan potensi mereka agar menjadi inspirasi bagi generasi seniman muda berikutnya.

”Sepanjang kompetisi ini berlangsung, kami telah berhasil menjaring banyak seniman pendatang baru dan profesional, baik di Indonesia maupun di negara Asia Tenggara lainnya,” ujar Maya saat ditemui di Galeri Soemardja ITB, Selasa (3/7/2018) sore.

Adapun ketentuan dari Kompetisi tersebut, terdiri sebagai berikut :

  1. Tema, aliran, dan media bebas.
  2. Berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi dengan ketebalan maksimal 5 cm.
  3. Karya video, instalasi, patung tidak termasuk dalam kategori penjurian.
  4. Berukuran maksimal 180 cm (termasuk bingkai).
  5. Kriteria penilaian, yakni konsep, kreativitas, komposisi, dan teknik.

Khusus pesertanya, terdiri dari tingkat Profesional dan tingkat Pendatang Baru. Untuk tingkat Profesional, yakni seniman berpengalaman yang memiliki portofolio karya seni, termasuk pameran tunggal maupun pameran bersama (tidak termasuk acara kelulusan sekolah), yang diwakili oleh galeri atau pernah mendapatkan penghargaan seni.

Sedangkan Pendatang Baru, merupakan seniman yang tengah menekuni pendidikan atau baru mulai berkarir di bidang seni, hingga mereka yang memiliki hobi melukis.

Dalam penilaian terhadat pemenang, PT Bank UOB Indonesia menghadirkan tiga dewan juri yang memiliki kemampuan dan rekor prestasi di bidangnya. Ketiga juri tersebut adalah Entang Wiharso (Seniman Kontemporer), Bambang Bujono (Penulis dan Kritkus Seni Rupa), dan Wiyu Wahono (Kolektor Seni).

Maya menambahkan, para seniman yang berhasil dijaring tentunya telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan seni di Asia Tenggara.

Pemenang Kompetisi UOB Painting of the Year 2018 akan diumumkan pada 16 Oktober 2018 pada acara malam penganugerahan pemenang di Jakarta.

Tinggalkan Balasan