oleh

Kapal KM Lestari Maju Sengaja Dikandaskan

JAKARTA – Belum genap sebulan sudah ada empat kejadian kapal tenggelam. Yang teranyar terjadi kemarin (3/7). KM Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin mengatakan bahwa Kapal KM. Lestari Maju sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar. Namun di tengah perjalanan, kapal tersebut karam. Cuaca buruk disebut menjadi biang dari kejadian tersebut. ”Kemasukan air akibat cuaca buruk,” katanya kemarin.

Lokasi kandasnya kapal tak jauh dari Pantai Pabadilang. Sekitar 300 meter dari bibir pantai.

Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo membenarkan jika kapal jenis Ro-Ro yang melayani penyebrangan lintas Bira-Pamatata itu kemasukan air karena cuaca buruk. ”Oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya,” uajrnya kemarin.

Saat evakuasi, tidak ada kapal besar yang berani mendekat. Selain cuaca buruk juga diakibatkan banyaknya karang. Sehingga proses evakuasi dilakukan oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas. Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Surabaya pun turut mengerahkan satu unit kapal patroli KNP. Chundamani untuk membantu evakuasi penumpang yang tersisa.

”Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket, Red) serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu kru kapal,” tutur Agus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga