Belajar Menjadi Guru Efektif

Kreatif dan Inovatif

Guru efektif tidak akan terbelenggu oleh persoalan, tetapi ia selalu berupaya mengubah persoalan menjadi tantangan dan peluang dalam berkarya. Guru efektif tidak mencari kambing hitam terhadap ketidakberhasilan suatu pendidikan. Mereka selalu berupaya mencari jalan keluar dari suatu kesulitan. Dalam mengajar mereka berupaya menerapkan berbagai macam metode pembelajaran yang inovatif, dengan harapan siswanya dapat belajar dengan baik dan dapat mencapai kompetensi yang maksimal. Tidak cukup hanya metode pembelajaran yang inovatif, guru efektif juga memikirkan dan merancang media pembelajaran yang inovatif dan efektif yang digunakan sebagai sarana belajar siswa.

Memiliki Visi dan Misi

Guru efektif harus memiliki visi dan misi mendidik yang jelas. Mereka tidak hanya asal mengajar untuk menggugurkan kewajibannya sebagai seorang guru. Guru efektif mengajar dan mendidik untuk tujuan tertentu dan memiliki arah tujuan pembelajaran. Visi dan misi utama seorang guru dalam mendidik adalah membangun masa depan bangsa dan negara melalui pendidikan.

Membuat dan Menentukan Prioritas

Manusia yang efektif bertindak dengan skala prioritas. Dia bertindak tidak sembarangan dan asal bertindak. Tindakannya selalu diarahkan pada tujuan-tujuan yang jelas dan mulia. Sebagai seorang guru, skala prioritas juga sangat dibutuhkan dalam menentukan arah kegiatannya. Di sela-sela aktivitasnya yang padat, seorang guru efektif akan selalu menemukan skala prioritas kegiatan yang harus didahulukan. Prioritas utama sebagai seorang guru adalah mengedepankan kepentingan masa depan siswanya dalam belajar. Lebih konkrit lagi prioritasnya adalah ketercapaian kompetensi belajar siswa sebagai modal dasar dasar dalam kehidupan siswa di masa depan.

Bisa Bekerjasama

Guru efektif memiliki prinsip kemitraan dalam melaksanakan tugasnya. Ia tidak memandang dirinya sebagai guru yang paling pinter dan super hebat. Guru efektif selalu berupaya menjalin kerjasama yang baik dengan sesama guru dan sekaligus dengan siswanya. Siswa dipandang sebagai anak yang memiliki potensi dan siswa tidak dipandang sebagai anak yang lemah. Untuk itulah guru efektif selalu memanfaatkan potensi siswa untuk meraih sukses. Melalui kerjasama yang baik antara guru dan siswa, tujuan dan target belajar dapat tercapai dengan baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan