Belajar Menjadi Guru Efektif

Semua orang bisa menjadi guru. Tetapi, menjadi guru yang memiliki keahlian dalam mendidik perlu pendidikan, pelatihan dan jam terbang yang memadai. Profesi guru sangat identik dengan peran mendidik seperti membimbing, membina, mengasuh, ataupun mengajar. Ibarat sebuah contoh lukisan yang akan dipelajari oleh anak didiknya. Baik buruk hasil lukisan itu tergantung pada contoh yang di berikan oleh sang guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru.

Sebagai salah satu elemen tenaga kependidikan, seorang guru harus mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dengan selalu berpegang teguh pada etika kerja, merdeka (bebas tekanan), produktif, efektif, efisien, dan inovatif, serta siap melakukan pelayanan prima berdasarkan pada kaidah ilmu atau teori yang sistematis, kewenangan profesional, pengakuan masyarakat dan kode etik.

Memiliki Harapan Yang Positif

Apabila guru memiliki harapan yang positif berarti bahwa guru percaya siswa bisa. Harapan yang positif akan menghasilkan kesuksesan atau prestasi karena guru memberikan kepercayaan pada siswa bahwa setiap siswa dapat belajar dan mencapai potensi yang penuh. Guru yang mempunyai harapan positif pada siswa biasanya juga mempunyai harapan positif bagi dirinya sehingga dia termotivasi dan rajin melakukan kegiatan pengembangan profesional. .

Mengelola Kelas Dengan Baik

Pengelolaan kelas merujuk pada semua yang dilakukan guru untuk mengorganisasi siswa, waktu, ruang, dan materi sehingga pembelajaran dapat terjadi. Guru efektif dapat menciptakan kelas yang efektif pula. Dalam kelas efektif siswa terlibat aktif dalam kegiatan yang berarti. Siswa memahami prosedur yang harus dikerjakan dan memahami fungsi kelas. Guru berkeliling kelas dalam melaksanakan tugas membantu, menjawab, memotivasi, dan mengendalikan kelas dengan tetap tersenyum dan penuh kasih sayang.

Reflektif

Guru yang tidak melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan dapat dikatakan guru yang tidak efektif. Guru reflektif mau melaksanakan refleksi dan introspeksi terhadap pembelajaran yang dilakukan, dan mau mendengarkan saran dan kritik dari teman sejawat, kepala sekolah, dan pengawas bahkan siswa. Seorang guru reflektif akan bersikap positif dalam menerima saran dan kritik dan menjadikannya sarana untuk perbaikan pembelajarannya. Guru reflektif berani jujur terhadap kekurangannya dan mempunyai kemauan untuk memperbaiki kekurangannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan