Ketua DPRD Ajak Gunakan Hak Pilih

BANDUNG – Jelang pencoblosan pada 27 Juni 2018 nanti Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengajak kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jabar 2018.

Dirinya mengatakan, penggunaan hak pilih pada Pilkada kali ini diprediksi akan meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini berdasarkan dari analisasa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar tentang Pilkada tahun ini.

’’ Jadi saya juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada masa pemungutan suara nanti atau 27 Juni 2018,”jelas Ineu ketika ditemui di gedung DPRD kemarin. (26/6).

Selain itu, dalam menghadapi Pilkada ini masyarakat bisa selalu menjaga silaturahmi pada proses pemilihan nanti. Sehingga, adanya perbedaan pilihan tidak menimbulkan ketegangan dan keresahan di masyarakat.

“Beda pilihan itu biasa, yang penting jaga silaturahmi sehingga pilkada pun bisa berjalan aman dan lancar,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara menekankan, jelang pemungutan suara harus ada peran serta masyarakat untuk mengawasi proses pencoblosan sampai penghitungan suara. Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi kecurangan proses pilkada.

“Tidak hanya dari unsur pemerintah, masyarakat pun harus aktif melakukan pengawasan. Jangan biarkan pilkada ini diciderai oleh kecurangan-kecurangan. Jadikan Pilkada ini sebagai pilkada yang berkualitas,” kata Irfan.

Dia meniali, peran serta masyarakat dalam pengawasan pilkada sangat penting demi menjaga stabilitas dan situasi yang kondusif. Sehingga pelaksanaan pilkada bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Sehingga, bila menemukan hal-hal mencurigakan yang terkait dengan kecurangan, imbuhnya, masyarakat bisa langsung melaporkannya pada Bawaslu atau pihak-pihak terkait lainnya.

’’Kalau ada kecurangan, segera laporkan. Mari kita sama-sama menjaga Pilkada Jabar ini menjadi proses edukasi politik yang baik, dan menghasilkan pemimpin yang baik,” ucap Irfan.

Dia mengimbau, masyarakat untuk turut aktif mengawasi proses Pilgub Jabar dan Pilkada serentak. Sehingga proses pilkada bisa berkualitas.

“Saya mengimbau masyarakat untuk turut serta mengawasi bagaimana proses pilkada nanti. Ini sangat penting untuk masa depan Jawa Barat ke depan,” tutup politisi dari Partai Demokrat ini (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan