Tingkatkan Sinergitas Pelayanan

Empat desa tersebut, yaitu Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Desa Nanggeleng, Kecamatan Cipeundeuy yang meraih penghargaan Perpuseru Nominasi Perpustakaan Desa Terbaik. Dua desa lainnya, yaitu Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar dan Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas yang meraih penghargaan Perpuseru Nominasi Video Impact Terbaik.

Prestasi lainnya, datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap 57 daerah otonom pembentukan 2007-2009. Tercatat empat daerah meraih nilai sangat tinggi, 42 daerah masuk kategori nilai tinggi, 10 daerah nilai sedang dan satu daerah meraih nilai rendah. Penilaan berdasarkan data evaluasi kinerja penyelenggaraan Pemda sesuai PP Nomor 3/2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, dan Laporan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada DPRD dan LPPD Pemda. Keempat daerah yang meraih nilai sangat tinggi masing-masing Kabupaten Bandung Barat dengan skor (3.2589). Kemudian Toraja Utara (3.0728), Tangerang Selatan (3.0338) dan Kota Sungai Penuh (3.0242).

Kabupaten Bandung Barat juga meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat ini merupakan penghargaan tertinggi yang diraih, setelah memenuhi lima tatanan yang dinilai oleh tim penilai dari Kemenkes beberapa bulan yang lalu. Lima tatanan tersebut meliputi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalulintas yang tertib dan pelayanan transportasi, ketahanan pangan serta gizi. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moelok.

Penghargaan lainnya yang diraih di antaranya, Juara I Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat. Penghargaan Kabupaten Cukup Penduli Hak Asasi Manusia. Juara I TTG unggulan dan Kominfo Award Juara I Kategori Pemerintah Daerah dari Lomba Inovasi LPSE dan Juara I Kategori Komunitas Relawan TIK.

Selain raihan penghargaan tersebut, capaian lainnya di bidang infrastruktur, Kabupaten Bandung Barat sudah memiliki gedung pemerintahan serta masjid agung kebanggaan warga Bandung Barat yang berdiri di atas lahan kurang lebih mencapai 50 hektare di Desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur jalan dari mulai wilayah utara, tengah hingga selatan yang sudah mencapai 80 persen lebih dari total jalan milik kabupaten yang mencapai 518 kilometer.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan