Tips Efektif Ini Untuk Memulai Tahun Ajaran Baru

TAK terasa liburan sudah selesai dan beralih pada tahun ajaran baru untuk kalangan sekolah, kampus, maupun akademik lainnya. Umumnya orang tua dan anak pada hari pertama masuk sekolah merasa punya nilai filosofi tersendiri, dilihat dari sisi reaksi pada anak-anak. Sebagian ada siswa ketika masuk sekolah begitu menyenangkan, serta ada siswa hendak masuk sekolah terasa mengalami trauma secara psikologi. Tidak menutup kemungkinan hari pertama sekolah menjadi tantangan tersendiri bagi siswa yang menempuh di Sekolah.

Sebetulnya, di hari pertama sebagian siswa baru melakukan pengenalan sekolah baru diterapkan melalui masa perkenalan limgkungan sekolah. Bagi siswa yang sudah naik kelas diberi libur selama tiga hari atau ada kegiatan lain yang mewarnai hari pertama masuk sekolah. Suasana hari pertama sekolah hanya silaturahmi seusai libur lebaran dan libur semester lalu dipersiapkan jadwal yang harus ditempuh selama setahun ke depan.

Sekolah bisa diibaratkan sebagai basis anak, tempat mereka belajar untuk meraih kesuksesan. Menyesuaikan diri di sekolah baru bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan menakutkan. Anak akan merasa excited sekaligus waswas akan seperti apa hari pertama di sekolah. Lantas, bagaimanakah cara agar kita dapat memulai tahun ajaran baru ini dengan baik?

Berdoa

Setiap melakukan suatu tindakan, pasti harus diawali dengan doa. Minimal baca basmallah. Sama seperti ketika kita memulai tahun ajaran baru. Alangkah lebih baiknya bila kita berdoa terlebih dahulu kepada Tuhan sekaligus meluruskan niat apa yang akan dihadapi enam bulan kedepan dapat berjalan dengan lancar, kemudian agar hati kita tetap teguh dan fokus dengan sekolah tanpa terganggu hal-hal yang terkadang membuat kita lalai.

Hilangkan pikiran bahwa hari pertama tidak belajar

Banyak siswa yang ingin dan beranggapan kalau hari pertama sekolah tidak akan belajar, sehingga hal ini akan menjadi buruk ketika malah berlangsung proses belajar dampaknya belajar menjadi tidak bersemangat. Selain itu, pikiran seperti itu membuat siswa akan malas datang, bahkan ada yang sengaja datang terlambat ke sekolahnya.

Melakukan Masa Orientasi Siswa untuk Siswa Baru

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan