Tips Efektif Ini Untuk Memulai Tahun Ajaran Baru

Salah satu kebiasaan pada siswa baru yakni mengadakan Masa Orientasi Siswa atau kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan selama tiga hari ini bertujuan untuk menyampaikan visi dan misi yang diterapkan oleh Sekolah. Siswa baru ditugaskan hormati penerapan 4S (Sapa, Salam, Senyum, dan Sopan) terhadap kakak kelas serta kalangan guru dan karyawan selama kegiatan berlangsung. Fungsi dari kegiatan pengenalan sekolah bagi siswa baru untuk menumbuhkan kontimen, dan rasa tanggung jawab terhadap pembekalan ilmu di sekolah, serta membangun akhlak dan moral menurut kaidah budi pekerti.

Bersilaturahmi dengan sesama anggota sekolah

Biasanya awal tahun pelajaran masih kental dengan nuansa lebaran Idul Fitri bahkan biasanya diadakan acara halal bi halal. Alangkah baiknya bila sesampainya kita di sekolah, kita saling bersalaman dengan teman-teman, saling memaafakan, dan menghubungkan kembali silaturahmi yang terpisah ketika liburan. Lebih menarik adalah selalu interaksi siswa dan guru tentang hasil liburan selama dua pekan maupun menggali kebiasaan baru yang konon mempunyai nilai budaya.

Membuat jadwal hari pertama

Memasuki semester baru sekolah, akan dihadapi dengan kondisi jadwal yang berbeda dengan sebelumnya. Minggu pertama masuk sekolah dapat dimanfaatkan dengan membuat jadwal kegiatan sendiri yang tertata rapi. Jadwal ini akan menjadi simulasi kepadatan aktivitas dan merangsang untuk lebih bersemangat sekolah. Buatlah jadwal kegiatan yang akan diselesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa hari ke depan. Dengan begitu, secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan kegiatan tersebut dan secara tidak sengaja semangat belajarmu bisa kembali meningkat.

Siapkan Jadwal Pelajaran dan Tugas yang diberikan selama setahun di Kelas

Seusai melakukan kegiatan bebas di hari pertama sekolah tentu dipersiapkan jadwal pelajaran maupun tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini bertujuan untuk menambah potensi dan kemampuan motorik kepada siswa, dan menambah pekerjaan rumah yang senantiasa menguji nalar menarik selama menggali ilmu di Sekolah. Paling tidak beri keringanan jika ada mengalami kesulitan dalam memberi tugas.

Masuk Sekolah Tiada Mengenal Rasa Cemas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan