Ojek Daring Mampu Gerakkan Ekonomi

BANDUNG- Calon Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengungkapkan, keberadaan ojek daring mampu menggerakkan ekonomi kota. Menurutnya, di era layanan digital dengan mengandalkan kecepatan dan kemudahan, dukungan pengemudi jasa layanan daring itu sungguh berarti. Peran mereka dinilai mampu menggerakkan perekonomian sekaligus kebutuhan warga Kota Bandung. “Begitu besar peran mereka ini. Sejak kehadiran jasa layanan online ini, warga sangat terbantu. Para pengemudi inilah yang mengantarkan kebutuhan warga dengan lebih cepat dan mudah,” kata Oded saat menerima rombongan pengemudi ojek daring mendatangi Posko Pemenangan Oded M Danial-Yana Mulyana, di Jalan Sumatera, Bandung, kemarin.

Selain menjembatani pertumbuhan ekonomi sektor swasta, kata Oded, pengemudi jasa daring juga turut mendongkrak pendapatan sektor UMKM yang tengah dipacu warga Kota Bandung. Banyak produk dan jasa warga Ibukota Provinsi Jawa Barat ini yang terdistribusikan secara instan dan cepat melalui jasa antar pengemudi daring.

“Sektor UMKM dan industri rumahan bisa terhubungkan dengan konsumen secara kontinyu. Ini yang akan Mang Oded kembangkan saat memimpin Kota Bandung nanti,” ujar Wakil Wali Kota Bandung dalam masa cuti itu.

Bukan hanya membantu warga pengusaha, kata Oded, layanan daring juga telah menolong hajat hidup pengemudi jasa daring. Sebelum adanya jasa daring, para pengemudi itu banyak yang menganggur. Sekarang, jasa antar itu telah mampu menghidupi banyak keluarga.

Jika memimpin Kota Bandung kelak, dia akan instruksikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bandung untuk mendata seluruh pengemudi jasa daring yang ada di Kota Bandung. Data yang terkumpul nanti akan menjadi bahan perencanaan peningkatan ekonomi Kota Bandung di masa mendatang.

Oded akan meminta evaluasi dan proyeksi peningkatan pendapatan bagi para pengemudi jasa daring juga sektor ekonomi yang terhubung oleh jasa tersebut.

“Jadi ke depan kita akan hitung, bagaimana cara meningkatkan ekonomi yang terhubung jasa itu, memperluas sebarannya, sekaligus meningkatkan potensi pendapatan para pengemudi online,” katanya.

Oded menambahkan, kedatangan pengemudi jasa layanan antar tersebut  akan memperkuat dukungan kemenenangan Oded-Yana pada Pilwakot Bandung 2018. “Jelas ini akan menambah dukungan pada pencoblosan 27 Juni mendatang,” tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan