oleh

Angka Kriminalitas Menurun 25 Persen

BANDUNG – Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mencatat jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah angka kriminalitas menurun. Jika dipresentasekan dikatakan dia penurunannya mencapai 25 persen dibanding tahun lalu.

”Biasanya satu hari itu (kasus) copet jambret curanmor sekitar 75. Saya monitor ada 48 kasus. Berarti ada korelasinya (penurunan ini) dengan kehadiran anggota di jalan,” ujar Agung di Cileunyi.

Menurut Agung, jajarannya bersama aparat TNI dan instansi pemerintah melakukan patroli gabungan selama bulan ramadhan hingga momentum arus mudik sehingga membuat kasus kriminal alami pengaruhnya.

”Selain (kasus kriminalitas) tentang kecelakaan lalu lintas diwilayah Jabar di arus mudik hingga H-3 ini.  Kalau kita bandingkan periode yang lalu mengalami penurunan 42 persen pada hari yang sama,” ungkapnya.

Agung menjelaskan, pada tahun yang lalu terjadi 18 kasus dengan korban 13 meninggal dunia.  Hingga H-3 ini tercatat ada 8 kasus dengan korban 4 meninggal dunia tetapi dua bukan dijalur mudik di jalan pedesaan tepatnya di Sukabumi dan Bogor.

”Kemudian seluruh rangkaian arus mudik pada tahun ini pun terpantau tidak ada yang mengalami stuck sampai (pemudik) menunggu lama. Tahun depan saya harap ada rest area dan fasilitas istirahat yang perlu ditambah jumlahnya,” tandas Agung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga