Siapa Pengganti Oezil?

Lini tengah Jerman di­huni demikian banyak pemain berkualitas dan merata. Namun untuk dirigen seran­gan, Die Mannschaft tetap mempercayakan Mesut Oezil sebagai sosok nomor satu. Namun ketika Oezil bolak-balik cedera apa rencana cadangan­nya?

PLAYMAKER Arsenal Mes­ut Oezil menjadi organ ter­penting dalam unit ofensif Jerman. Dalam lima pertan­dingan terakhir Jerman, pe­main 29 tahun itu empat kali turun sebagai starter.

Akan tetapi dalam ujicoba internasional lawan Austria Minggu (3/6) lalu Oezil ter­guling jatuh dan mengalami masalah di lututnya. Dan cedera itu berpotensi mem­buat Oezil absen di ujicoba internasional lawan Arab Saudi dini hari nanti (9/6) bahkan hingga matchday pertama grup F antara Jerman versus Meksiko 17 Juni men­datang.

“Sebagai tindakan pence­gahan maka Oezil tidak men­jalani latihan hari ini (kema­rin (7/6), red.). Oezil juga tak akan ambil bagian dalam lawan Arab Saudi karena me­mar di lutut kirinya,” tulis Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dalam situs resminya.

Nah, absennya Oezil ini ti­daklah seberapa merisaukan skuad Jerman lainnya. Ka­rena melimpahnya stok pe­main, maka der trainer Joachim Loew pun beberapa skema kalau Oezil menepi.

Pasca menjuarai Piala Kon­federasi 2017 lalu ada bebe­rapa formasi yang dijajal Loew. Misalnya 3-4-3 atau 3-5-2. Dengan formasi terse­but maka titik tumpu serang­an Jerman ada di posisi flank.

Jerman memiliki Julian Brandt ataupun Leon Go­retzka di posisi flank kanan. Untuk di posisi flank kiri Ju­lian Draxler atau Jonas Hector yang bisa diandalkan.

Namun dibandingkan 3-4-3 ataupun 3-5-2, maka Loew lebih mempercayai 4-2-4-1 sebagai senjata utamanya. Untuk double pivot diper­cayakan kepada antara Toni Kroos, Sami Khedira, Ilkay Guendogan, dan Sebastian Rudy.

Untuk tiga gelandang peno­pang penyerang, Loew punya beberapa kombinasi. Misalnya saat lawan Brasil (27/3) di­mana Oezil absen maka yang dipasang Leon Goretzka-Ju­lian Draxler-Leroy Sane. Namun karena Sane tidak disertakan dalam tim posisi itu bisa diisi Julian Brandt.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan