Siapkan Smart City dengan Citizen Centric

SOREANG – Untuk jadi sebagai kota Smart City, Kabupaten Bandung rencananya akan gunakan pendekatan Citizen Centric yang merupakan perencanaan dengan menggunakan sudat pandang dari masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Spfian Nataprawira mengatakan, Smart City yang ada di Kabupaten Bandung nantinya akan dikolaborasikan dengan masyarakat. Sehingga, akan ada interaksi erat antara warga dan pemerintah.

Dia berpendapat, untuk mewujudkan Smart City tidaklah mudah. Sebab, akan merubah pola dan gaya hidup masyarakat yang sudah ada. Hal ini, berkaitan dengan berkembang pesatnya teknologi, jumlah penduduk yang semakin bertambah.

’’ Jadi pemerintah harus mau berubah. “Karena Smart City adalah konsep pembangunan kota pintar, cepat, inovatif,” jelas Soifian ketika ditemui kemarin (6/6)

Untuk itu, dia mengajak kepada seluruh Perangkat Daerah (PD) dan steakeholder untuk bersama-sama mewujudkan keberhasilan smart city dengan cara saling berkoordinasi dan komunikasi. Terlebih,  Pemkab sendiri saat ini sudah emmulai program 1.000 kampung.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika (Diskominfo) Atih Witartih menjelaskan. Untuk Smart City pihaknya sudah membuat masterplan.

“Smart city adalah konsep pengelolaan kota berkelanjutan dan berdaya saing yang dibangun untuk mewujudkan masyarakat yang lebih aman, lebih mudah, lebih sehat, lebih makmur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” terangnya

Untuk merealisasikannya dia meminta seluruh ASN harus melek teknologi. Sebab, bila Smart City ini dilaksanakan seluruh OPD akan terintergrasi dan terlibat secara langsung.

Selain itu, dengan adanya kerjasama antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat kita dapat menciptakan smart branding, yang nantinya bisa memasarkan potensi yang ada diwilayah Kabupaten bandung. Sehingga bisa menarik investor dan menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Sementara itu, Dosen Telkom University Soni Fajar Surya Gumilang berpendapat, Kabupaten Bandung sudah siap bergerak menjadi smart city. Sebab, melihat potensi dari sejumlah prestasi yang diraih seperti, predikat Paripurna tipe C oleh RSUD Soreang, opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang kedua kalinya dan juara satu Karang Taruna tingkat Jawa Barat, dapat kita simpulkan bahwa Kabupaten Bandung siap menjadi smart city.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan