Pertukaran Kepsek Bandung dan Papua

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung akan mengutus tiga kepala SD dan dua kepala SMP untuk mengikuti pertukaran kepala sekolah dasar dan menengah. Mereka akan ditempatkan di sejumlah sekolah imbas di luar daerahnya mulai Juli 2018 ini.

Rencana itu mengemuka setelah Kepala Disdik Kota Bandung Elih Sudiapermana didampingi Kasi PTK SD/SMP Ahmad Taufan Hidayat menandatangani surat dukungan pertukaran kepala Sekolah Dasar dan Menengah yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah di Hotel Ambhara Jakarta, kemarin (6/6).

”Substansi dari program pertukaran kepala sekolah ini meliputi penguatan tiga bidang tugas pokok kepala sekolah, yaitu manajerial, supervise guru dan tenaga kependidikan,” kata Elih dalam siaran pers yang diterima redaksi, kemarin.

Ada pun dalam kegiatan tersebut nantinya akan ada pengembangan kewirausahaan. Dengan tahapan, workshop pertama selama 4 hari pembekalan kepala sekolah mitra dan imbas. On the job learning (ojl) selama 7 hari untuk kepala sekolah imbas datang ke sekolah mitra. Workshop kedua berupa refleksi hasil OJL dan penyusunan rencana tindak lanjut peningkatan mutu sekolah imbas.

Kegiatan lainnya berupa pendampingan kepala sekolah Mitra ke sekolah Imbas selama 7 hari. Implementasi RTL di sekolah imbas selama tiga bulan, pendamping sekolah mitra setelah 3 bulan implementasi RTL dan tahap terakhir workshop hasil desiminasi selama 3 hari.

Disdik Kota Bandung sebagai sekolah mitra akan mengutus tiga kepala SD Negeri dan dua kepala SMP Negeri yakni Ihat Solihat kepala SDN 196 Sukarasa dengan sekolah imbas SD Negeri 15 Fanfan Lap Raja Ampat Papua Barat.

Kemudian, Susi Susilawati Kepala SDN 243 Cicabe dengan sekolah imbas SDN Perumnas Sumberker Biak Numfor Papua; dan Ana karyana Kepala SDN 164 Karangpawulang dengan sekolah imbas SDN Buni Jaya kabupaten Cianjur.

Untuk tingkat SMP, Agus Deni Kepala SMPN 2 dengan sekolah imbas SMPN 2 Teluk Bintuni Papua Barat; Ujang Wihatma Kepala SMPN 5 dengan sekolah imbas SMPN 12 Sorong Papua Barat. ”Kegiatan pertukaran kepala SD dan SMP tersebut akan mulai dilaksanakan pada Bulan Juli 2018 mendatang,” tutupnya. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan