Ujian PAT Rasa Ramadan

TAK dipungkiri setiap ada awal tentu ada akhir, semua yang ada di alam dunia ini sudah menjadi ketetapan diciptakan berpasang-pasangan. Dibalik malam muncul siang, ada laki-laki ada perempuan, ada kiri tentu ada kanan, dan contoh yang serupa dengan itu seolah sudah diatur sedemikian rupa agar terjadi keseimbangan dalam sebuah kehidupan.

Harga keseimbangan menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu sistem pada sebuah lembaga. Terjadi pula dari lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan. Sekolah merupakan miniatur dalam menjaga dan memelihara keseimbangan tersebut. Selain peserta didik diberikan materi pelajaran dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dalam ending-nya disiapkan juga alat untuk mengukur sejauh mana kemampuan mereka dalam menyerap pelajaran yang dituangkan dalam ulangan maupun ujian tertentu.

Ujian PAT (Penilaian Akhir Tahun) sebuah rangkaian ulangan yang terencana disimpan keberadaannya di akhir tahun pembelajaran. Cakupan materi PAT meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap. Pelaksanaan PAT tidak lepas pijakannya kepada Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil belajar oleh Pemerintah dan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan.

PAT tahun ini sangat kental dengan rasa Ramadan, tidak dipungkiri bahwa pelaksanaannya bertepatan dengan orang sedang berpuasa. Butuh semangat yang tinggi, kerja keras, motivasi yang berlipat, serta fisik yang memadai untuk datang ke sekolah dan berpikir keras menghadapi ulangan yang dihadapinya. Sedangkan kalau kita bertanya tentang hasil belajar ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, dalam hal ini Sugihartono dkk (2007) membagi ke dalam 2 faktor, yaitu pertama, faktor internal ialah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, faktor internal meliputi faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Dua, faktor eksternal ialah faktor yang ada diluar individu, faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Nah, inilah yang jadi tantangan bagi peserta didik kalau 2 faktor tadi baik, maka ujian PAT rasa Ramadan ini akan dilewati dengan baik pula.

Bulan Ramadan ada ibadah yang harus ditaati bagi seorang muslim, yakni puasa. Tujuan puasa itu sendiri adalah untuk meraih derajat ketaqwaan.Taqwa menurut Imam Al Ghazali salah satunya bersendikan pada kata muroqobatullah, merasa diawasi selalu oleh Allah Swt. Apalagi Allah Swt memang sudah mengutus malaikat untuk mengawasi kita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan