Sekolah Inklusi Tingkat SD Belum Berdiri

NGAMPRAH– Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat belum membentuk secara khusus sekolah inklusi bagi penyandang disabilitas. Namun, pemerintah menyiapkan program untuk membantu proses belajar di setiap sekolah bagi penyandang disabilitas.

Kepala Seksi Kurikulum Bidang SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat Unang Rahmat Hidaya mengatakan, saat ini ada beberapa sekolah dasar (SD) yang menyiapkan program untuk memberikan proses belajar khusus bagi penyandang disabilitas. Sehingga pelayanan pendidikan bagi mereka bisa tetap berjalan. “Namun untuk sekolah khusus inklusi bagi SD memang kita belum bentuk,” katanya di Ngamprah, kemarin.

Unang menambahkan, pendirian sekolah inklusi menjadi kewenangan pihak provinsi. Sementara kabupaten hanya menyiapkan dalam bentuk program. “Untuk sekolah yang menyiapkan program bagi penyandang disabilitas dilakukan pengawasan serta pendampingan secara khusus bagi mereka. Karena memang pendampingan harus dengan ahlinya,” terangnya.

Dia berharap, ke depan bisa berdiri sekolah inklusi di tingkat SD untuk memfasilitas para penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung Barat. Bila ini sudah terwujud, maka pendampingan bagi penyandang disabilitas bisa jauh lebih efektif. “Karena kan SDM juga harus disiapkan untuk sekolah inklusi ini. Karena semua siswa berhak mendapatkan pendidikan yang sama,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *